alexametrics

Uji Coba PTM di DKI Diapresiasi, di Kabupaten Bogor Dikritisi

7 April 2021, 18:05:43 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta per hari ini, Rabu (7/4) telah mulai melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Adapun, jumlah yang melaksanakan hal tersebut adalah 85 sekolah.

Hal ini pun diapresiasi oleh Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G). Salah satu alasan apresiasi itu adalah waktu pembelajaran tatap muka yang tidak terlalu lama.

“P2G memberikan apresiasi terhadap Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang hanya melakukan Uji Coba Tatap Muka di 85 sekolah saja, mengingat ratusan sekolah yang ada di Jakarta. Termasuk durasi uji coba PTM yang hanya 1 hari saja per kelas angkatan,” ujar Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim dalam keterangannya, Rabu (7/4).

Namun pihaknya mempertanyakan, apa dan bagaimana kriteria penentuan 85 sekolah tersebut sebagai pilot school oleh Dinas Pendidikan DKI. Pasalnya, fakta menunjukkam untuk jenjang SMA, dari 85 sekolah tidak ada satupun SMA Negeri di Jakarta yang menjadi piloting atau hanya SMA Swasta.

“Hal ini diduga kuat karena sekolah SMA Negeri di Jakarta belum mengisi dan melengkapi daftar periksa yang dibuat Kemendikbud. Sangat disayangkan, jika SMA Negeri di Jakarta belum menyiapkan daftar periksa dan sarana pendukung protokol kesehatan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kabupaten Bogor juga melakukan uji coba pembukaan sekolah terhadap 170 sekolah mulai PAUD hingga jenjang SMA/SMK/MA. Kata dia, ini jumlah uji coba yang sangat massal dan besar.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads