alexametrics
Pemilu 2019

Eks Kepala BIN Yakin Kasus Surat Suara di Malaysia Segera Terungkap

12 April 2019, 15:12:02 WIB

JawaPos.com – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono angkat suara terkait tercoblosnya surat suara di Malaysia. Dia percaya kasus ini akan segera terungkap secara hukum.

“Itu segera akan diungkap kebenarannya, dan siapa yang berbuat tentu ada hukumnya. Kita negara hukum ya, hukum yang harus ditegakkan,” ujar Hendro di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM), Jakarta Timur, Jumat (12/4).

Hendro percaya aparat hukum, dibantu TNI bekerja dengan baik menjaga jalannya pemilu. Di sisi lain, dia menduga kecurangan seperti ini terjadi karena pelakunya merasa tidak diawasi. Namun, dia menyakini para pelaku akan segera ditangkap.

Atas dasar itu, mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu meminta agar tidak membuat kesimpulan sendiri. Hal itu demi menghindari terjadinya konflik.

“Kita nggak bisa mengambil satu kesimpulan dari soal-soal yang satu-dua itu. Karena hal-hal seperti ini bisa memancing chaos,” kata Hendro.

“Tolong masyarakat bisa segera memisah-misahkan mana yang benar dan mana yang hoaks, dan chaos tidak akan terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, kabar surat suara tercoblos itu diduga terjadi pada saat pemilu yang berlangsung di Selangor, Malaysia. Informasi itu didapatkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lembaga itupun merekomendasikan pemilu di Malaysia dihentikan.

Adapun kejadian itu diabadikan oleh salah seorang warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Melalui video, ada sekitar puluhan kantong plastik hitam dan putih berisikan kertas surat suara yang ditumpuk di sebuah ruko. Setelah dibuka beberapa sampel, surat suara itu telah tercoblos ke pasangan calon nomor urut 01.

Tidak hanya pada surat suara pemilihan presiden, akan tetapi kertas surat suara itu juga tercoblos salah satu caleg partai NasDem.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads