alexametrics

Polisi Tangkap Penerobos Sistem Keamanan Website KPU

24 April 2019, 10:21:11 WIB

JawaPos.com – Pemuda asal Payakumbuh, Sumatera Barat kabarnya diamankan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Senin (22/4). Dia diduga mengakses secara ilegal website KPU RI, Kpu.go.id.

Dari informasi yang diterima JawaPos.com, pemuda berinisial MAA itu mengakses secara ilegal website KPU pada Kamis (19/4) atau sehari setelah pemungutan suara dalam Pemilu 2019. Dia disebut-sebut menerobos, melampaui atau menjebol sistem pengamanan dana atau melakukan tindakan berakibat terganggunya sistem elektronik terhadap website KPU.

AMM kabarnya menerobos sistem KPU dngan menggunakan komputer di salah satu warung internet di Payakumbuh pada siang hari. Dia melakukan penetrasi tes ke website KPU melalui tools accunetix untuk Web Crawler dan scan folder SQL Map untuk injeksi SQL dan payload.

Selama melakukan aksi itu, MAA menemukan celah “open redirect” di situs KPU namun tidak mendapatkan celah pada SQL Injeksi.

Sebelumnya, pemuda itu sempat mengirimkan e-mail ke pusat bantuan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di bantuan70@bssn.go.id pada 1 April 2019. Dalam e-Mailnya itu, MAA menyampaikan bahwa dirinya menemukan celah kelemahan di website KPU.

Karopenmas Brigjen Dedi Prasetyo ketika dikonfirmasi membenarkan ada penangkapan yang dilakukan pihaknya terhadap seorang yang menerobos sistem keamanan website KPU. Namun dia belum bisa menjelaskan secara rinci terhadap kasus ini.

Rencananya, kepolisian akan menggelar konferensi pers dalam waktu dekat terkait penangkapan ini. “Betul (ada penangkapan). Tunggu ekposenya dari Dit Siber. Nanti akan kita prescon bersama KPU, Bawaslu dan Kemenkominfo,” katanya kepada JawaPos.com, Rabu (24/4).

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Desyinta Nuraini


Close Ads