alexametrics

KKB Tembak Warga Sipil di Sinak, Satu Warga Tewas dan Satu Kritis

21 November 2020, 06:32:24 WIB

JawaPos.com–Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak warga sipil di Sinak, Kabupaten Puncak, Papua. Satu warga dilaporkan meninggal dunia akibat kejadian itu.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel CZI IGN Suriastawa seperti dilansir dari Antara mengakui adanya insiden penembakan yang dilakukan KKB. Dia menjelaskan, peristiwa itu menyebabkan jatuh korban dua warga sipil. ”Seorang di antaranya dilaporkan meninggal,” ujar Suriastawa pada Sabtu (21/11) dini hari.

Dari laporan yang diterima, lanjut Suriastawa, penembakan terjadi Jumat (20/11). Saat itu korban dari Sinak hendak menuju Ilaga. Kedua korban yakni Amanus Murib dalam kondisi kritis sedangkan Atanius Murib meninggal dunia.

Kedua korban menurut Suriastawa, segera dilarikan ke Puskesmas Ilaga oleh masyarakat di sekitar tempat kejadian. Suriastawa menambahkan, dari laporan yang diterima penembakan dilakukan kelompok kriminal bersenjata KKB. ”Belum diketahui kelompok pimpinan siapa. Kami masih lakukan penyelidikan,” ujar Suriastawa.

Menurut dia, aksi KKB diduga bermotif intimidasi kepada masyarakat. Sebab, KKB tidak mendapat dukungan dari warga setempat. Dia menduga penembakan itu sebagai upaya memutarbalikkan fakta dengan menuduh aparat keamanan sebagai pelakunya.

”Pemutarbalikan fakta dan playing victim melalui media massa selalu menjadi trik dari kelompok pro KKB dan pendukungnya di dalam dan luar negeri. Tujuannya untuk menyudutkan Pemerintah Indonesia,” kata Suriastawa.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara



Close Ads