alexametrics

Tak Cuma Satpol PP, Wagub DKI Sebut TNI Boleh Copot Baliho Rizieq

20 November 2020, 18:19:05 WIB

JawaPos.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa penurunan baliho yang tidak sesuai aturan bukan cuma tanggung jawab Satpol PP. Pihak TNI dan Polri pun memiliki kewenangan untuk menindak baliho yang melanggar demi menjaga ketentraman, kenyamanan, dan ketertiban di Jakarta.

“Prinsipnya kalau ada yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan tidak sesuai tentu ada kewenangan masing-masing,” kata Riza di Jakarta, Jumat, menyusul penurunan spanduk Rizieq Shihab oleh prajurit TNI, dikutip dari Antara.

Menurut Riza, masing-masing pihak keamanan mulai dari Satpol PP, Kepolisian RI, hingga TNI, memiliki kewenangan masing-masing dengan aturannya sendiri-sendiri.

“Di Jakarta ada aturannya, jadi kalau ada yang melanggar pasti ditertibkan,” tuturnya.

Sebelumnya, pihak TNI-Polri menurunkan baliho penyambutan Rizieq Shihab yang dipasang oleh pendukungnya. Panglima Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan bahwa dirinya menyampaikan perintah kepada anggota Kodam Jaya untuk menertibkan spanduk dan baliho ajakan provokatif.

“Itu perintah saya berapa kali Satpol PP turunkan, tapi dinaikkan lagi. Jadi siapa pun di Republik ini. Ini negara hukum harus taat hukum kalau pasang baliho jelas aturan bayar pajak tempat ditentukan jangan seenak sendiri seakan-akan dia paling bener,” tutur Dudung.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Antara



Close Ads