alexametrics

Mendagri Tegaskan Percepatan Vaksinasi Strategi Penanggulangan Pandemi

29 Desember 2021, 17:57:23 WIB

JawaPos.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan, percepatan vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah saat ini merupakan salah satu strategi untuk dapat menanggulangi pandemi Covid-19. Strategi ini sebagai salah satu upaya dalam menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Isu vaksinasi ini memang isu yang sangat penting, karena merupakan salah satu strategi kita dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19,” kata Tito keterangannya, Rabu (29/12).

Mantan Kapolri ini juga menyebutkan upaya percepatan vaksinasi dilakukan beriringan dengan penegakan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama pemakaian masker. Karena itu, dengan melakukan percepatan vaksinasi, diharapkan setiap orang mendapatkan antibodi untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan virus.

“Vaksin adalah game changer, salah satu game changer, karena dengan adanya antibodi selain proteksi perorangan, dalam jumlah minimal dua pertiga dari populasi, 70 persen itu akan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok,” ujarnya.

Ia menambahkan, kepala daerah berperan penting dalam akselerasi vaksinasi. Apalagi, dengan jumlah populasi masyarakat Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta jiwa, dan letak geografis yang beragam, diperlukan sinergi pusat-daerah.

“Kunci utamanya adalah kekompakan, karena ini perlu mobilisasi, pengerahan semua sumber daya,” tegasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads