alexametrics

Jokowi Minta LADI Dievaluasi Total Karena Dapat Sanksi dari WADA

23 Oktober 2021, 09:09:17 WIB

JawaPos.com – Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggail Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali terkait sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Bey mengatakan, Presiden Jokowi meminta dilakukan evaluasi dan investigasi terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait pemberian sanksi WADA ini.

“Dalam rapat tersebut Bapak Presiden minta dilakukan evaluasi internal dan investigasi secara menyeluruh, reformasi LADI secara total,” ujar Bey kepada wartawan, Sabtu (23/10).

Menurut Bey, Menpora Zainuddin Amali juga diminta untuk memperbaiki komunikasi dengan WADA terkait adanya sanksi tersebut. “Menpora segara perbaiki komunikasi dengan WADA,” katanya.

Diketahui, LADI mendapat sanksi WADA karena dianggap tidak patuh menaati aturan dan program anti-doping yang efektif pada 7 Oktober 2021. Akibatnya sejumlah hak Indonesia di olahraga internasional ditangguhkan.

Di antaranya hak LADI masuk dalam kepengurusan WADA, larangan bendera negara berkibar di ajang regional, kontinental hingga kejuaraan dunia atau event yang dimiliki organisasi major event selain di Olimpiade dan Paralimpiade. Selain itu Indonesia juga dilarang menjadi tuan rumah event olahraga internasional untuk satu tahun ke depan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads