alexametrics

SDM Unggul Miliki Kontribusi 70 Persen Dalam Ciptakan Inovasi

20 Mei 2021, 05:05:00 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa sumber daya manusia (SDM) memiliki faktor besar dalam menghasilkan produk inovasi yang berkualitas. Bahkan kontribusinya disebut sebesar 70 persen.

“Ristek itu inputnya ada tiga. SDM unggul, infrastruktur dan anggaran. SDM itu 70 persen,” kata Handoko dalam webinar Ekosistem Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19, Rabu (19/5).

Sementara itu, untuk infrastruktur memiliki pengaruh dalam riset sebesar 15 hingga 20 persen. Lalu, sisa persentase diisi oleh anggaran.

Ia pun menyadari bahwa menciptakan SDM unggul merupakan tantangan yang sulit. Menurut dia, dalam membangun SDM yang unggul, perlu proses dan tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.

“SDM unggul itu tidak bisa dibentuk dalam waktu singkat, untuk itu kita tidak boleh lengah meningkatkan kompetensi SDM kita itu,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya pun berkomitmen untuk juga menciptakan SDM unggul. Hal ini bertujuan agar ekosistem riset dan teknologi semakin maju.

“Sehingga ekosistem riset dan teknologi kita bisa menjadi pondasi Indonesia maju yang lebih kuat dan berkesinambungan,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: