alexametrics

Merayakan Kemenangan dari Rumah Digital Indonesia

15 Agustus 2021, 13:33:55 WIB

JawaPos.com – Lahir pada akhir Juli, Rumah Digital Indonesia (RDI) mencoba mencuri perhatian publik lewat Arena Lomba 17-an. Itu merupakan salah satu menu pada laman situs yang kelahirannya turut dibidani Putri Tanjung tersebut.

Bertepatan dengan semarak kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan ini, Arena Lomba 17-an diharapkan menjadi sarana bagi masyarakat untuk merayakan HUT RI. ’’Kami mendesain dunia baru virtual untuk mewadahi masyarakat Indonesia merayakan semarak kemerdekaan,’’ kata Putri yang menjabat ketua bidang pengembangan konten RDI dalam jumpa pers pada 2 Agustus lalu.

RDI menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk menyemarakkan kemerdekaan. RDI yang mencantumkan logo Kominfo pada sisi atas lamannya itu bisa diakses secara bebas. Selain Arena Lomba 17-an, ada enam ruang virtual yang lain di sana. Pasar Lokal, Ruang Komunitas, Seni dan Budaya, Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia, Literasi Digital, serta Panggung Nasional.

AKU DULUAN: Dua anak berkompetisi dalam lomba balap karung di lingkungan keluarga mereka di Bekasi. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Meski nuansanya jauh berbeda dengan perayaan 17-an secara langsung, Putri menyebut RDI sebagai sarana partisipatif yang memungkinkan masyarakat tetap merasakan perlombaan di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, masyarakat juga bisa merasakan keseruan berlomba dengan pengunjung lain. ’’Yang seru bukan hanya permainannya, melainkan juga kompetisinya,” ujar staf khusus presiden itu.

Arena Lomba 17-an menghadirkan empat kompetisi khas Agustusan. Lomba makan kerupuk, tarik tambang, panjat pinang, dan balap karung.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/c7/hep

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads