alexametrics

Fadli Zon Sebut Peran TNI Dibutuhkan Untuk Pembangunan Pertanian

13 Oktober 2020, 21:06:34 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menilai peran TNI tidak hanya dibutuhkan untuk aspek pertahanan negara. Mereka juga memiliki andil turut serta mensejahterakan rakyat Indonesia, misalnya dalam aspek pertanian.

Hal itu disampaikan Fadli dalam diskusi yang digagas Pemuda Tani Indonesia. Dalam organisasi tani tersebut, Fadli diketahui juga menjabat sebagai Ketua Umum.

“Keikutsertaan TNI dalam pembangunan pertanian dapat menjadi solusi bagi peningkatan produksi pangan negeri,” kata Fadli, Selasa (13/10).

Sementara itu, Paban III/Tahwil Ster TNI, Kolonel Kav Harfuddin Daeng menambahkan, tugas pokok TNI terdapat dalam UU Nomor 34/2002 pasal 7 ayat (1). Salah satu isinya menegakkan kedaulatan negara. Menurutnya, salah satu upaya menegakan kedaulatan negara adalah dengan ikut berpartisipasi membangun pangan.

“Kedaulatan negara tidak selalu ditegakkan dengan persenjataan militeristik, membangun pangan yang menjadi hak hidup setiap rakyat juga bagian dari penegakan kedaulatan negara,” kata Harfuddin.

Atas dasar itu, TNI mengaku siap kapan saja dan di mana saja untuk langsung membantu petani. “Jadi percayakanlah kepada kami, yakinlah kepada kami, bahwa kami bersama-sama rakyat, menjadi tentara yang nasionalis, menjadi tentara yang profesional,” jelasnya.

Lebih lanjut, Harfuddin mengatakan, TNI memiliki Babinsa yang bisa diberdayakan membantu petani. Bukan untuk menggantikan peran petani, melainkan mendampingi petani untuk pengembangan ladangnya.

“TNI itu sewaktu-waktu negara kondisi darurat dan pemerintah butuh, TNI siap. Jangankan pandemi musuh tidak terlihat, musuh terlihat saja kita hadapi,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: