alexametrics

Menteri PPPA: Kekerasan Seksual di Kampus Sering Tak Tertangani

12 November 2021, 20:02:14 WIB

JawaPos.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan dukungannya atas lahirnya program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual. Program ini sendiei merupakan implementasi Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pecegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Menurutnya, pemenuhan hak dan perlindungan warga negara adalah hal penting dalam kemerdekaan bangsa. Kemerdekaan pun bukan hanya pengakuan, tapi juga kepastian mendapatkan kesetaraan kehidupan aman dan nyaman.

“Dalam menyikapi kondisi darurat kekrasan skesual ini, kami mendukung penuh hadirnya Permendikbudristek 30/2021 atau permen PPKS,” ucapnya dalam peresmian Merdeka Belajar Episode 14, Jumat (12/11).

Meski 76 tahun indonesia merdeka, nyatanya tidak semuanya merdeka, berbagai ketimpangan yang masih terjadi menempatkan anak dan perempuan selaku kelompok rentan pada sejumlah isu yang mengancam kualitas hidupnya. Salah satunya adalah kekerasan seksual yg masih tumbuh subur di berbagai ruang, termasuk perguruan tinggi.

“Yang lebih memprihatinkan bahwa fakta di lapangan menunjukkan kekerasan seksual di perguruan tinggi seringkali tidak tertangani dengan semestinya, sehingga memberikan dampak luar biasa terhadap kondisi mental dan fisik daripada korban,” ungkap dia.

Hal ini tentunya menguatkan upaya pihaknya untuk memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak-anak Indonesia, sekaligus menjadi regulasi tepat untuk mencegah dan menangani berulangnya kekerasan seksual di kampus.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads