alexametrics

Kemensos Kucurkan Bantuan Rp 7,3 Miliar untuk Papua dan Papua Barat

11 September 2019, 20:37:16 WIB

JawaPos.com – Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan bantuan untuk korban bencana sosial yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Total, Rp 7,3 miliar dana yang diberikan kepada para korban, Selasa (10/9).

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita merinci Rp 1,21 Miliar disalurkan pada 242 unit usaha yang jadi korban kerusuhan di Jayapura, Papua. Sisanya, Rp 6,09 Miliar untuk korban di tiga kabupaten/kota di Papua Barat. Meliputi, 31 unit usaha dan satu korban luka di Sorong, 165 unit usaha di Manokwari, dan 1.021 unit usaha di Kabupaten Fak-fak. ”Masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 5 juta,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, bantuan yang disampaikan merupakan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Layanan Dukungan Psikososial. Bantuan diharapkan dapat bermanfaat meringankan beban penderitaan baik kepada korban maupun keluarga korban bencana sosial.

”Bantuan ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara dalam penanganan bencana,” ungkap Politisi Partai Golkar tersebut.

Mensos menyatakan, penanganan bencana konflik sosial perlu mendapat perhatian khusus dan menyeluruh. Penyelesaian pun harus dilakukan secara professional, sistemik, dan berkelanjutan dengan melibatkan partisisipasi masyarakat. Sehingga, bisa mencega masalah yang sama tidak terjadi lagi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Taufiqur Rahman, Zalzilatul



Close Ads