alexametrics

8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Siap Rawat Pasien Covid-19

5 Juli 2021, 15:23:53 WIB

JawaPos.com – Kasus Covid-19 semakin tinggi, ketersediaan tempat tidur di rumah sakit pun semakin terbatas. Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengalihfungsikan Asrama Haji Pondok Gede akan dioptimalkan fungsinya sebagai tempat perawatan pasien Covid-19, bukan hanya ruang isolasi mandiri.

Kapasitasnya juga akan ditambah, dari semula hanya tiga gedung dengan kapasitas 556 tempat tidur akan menjadi lima gedung dengan daya tampung 988 pasien. “Pemerintah akan memaksimalkan Asrama Haji Pondok Gede untuk ikut membantu penanganan pasien Covid-19. Ke depan, Asrama Haji Pondok Gede akan dioptimalkan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19 dengan total kapasitas 988 tempat tidur,” terang Sekjen Kemenag Nizar di Jakarta, Senin (5/7).

“Sebelumnya, satu gedung di Asrama Haji Pondok Gede juga sudah dimanfaatkan Rumah Sakit Haji untuk perawatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat,” sambungnya.

Baca Juga: Menkes Dirikan RS Cadangan di Asrama Haji Pondok Gede

Pihaknya juga sudah menyiapkan dua gedung untuk akomodasi tenaga kesehatan. Lima gedung disiapkan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19 adalah gedung A, B, C, H, dan D5. Kemudian, satu gedung, yakni Gedung Arafah digunakan untuk perawatan intensif pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Lalu, dua gedung yang akan digunakan sebagai akomodasi tenaga kesehatan adalah gedung D3 dan D4 dengan total kapasitas mencapai 376 bed. Jadi total ada delapan gedung yang akan digunakan di Asrama Haji Pondok Hede untuk penanganan Covid-19.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads