alexametrics

Firli Cs Digugat Soal Eks Pegawainya Soal TWK, Begini Respons KPK

3 Maret 2022, 11:40:58 WIB

JawaPos.com – Mantan pengawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan gugatan terkait hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Mereka menggugat pimpinan KPK, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi hal tersebut, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengaku menghormati langkah mantan pegawainya lembaga atirasuah yang mengguggat pimpinan KPK tersebut. Kata dia, KPK akan menyiapkan materi untuk melawan gugatan itu.

“Tentu KPK akan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan tentunya di dalam proses persidangan dimaksud, seperti penjelasan bagaimana proses tes wawasan kebangsaan sampai kemudian alih status itu dilakukan,” ujar Ali kepada wartawan, Kamis (3/3).

Ali mengatakan, pengajuan gugatan ke PTUN merupakan hak mantan pegawai lembaga antirasuah sebagai warga negara Indonesia. KPK tidak bisa mengintervensi kemauan mereka untuk mendapatkan kepastian hukum.

Namun, KPK menegaskan tidak ada yang salah dengan proses alih status pegawai. Proses itu dipastikan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Prinsipnya bahwa tentu proses alih status pegawai KPK berulang kali kami sampaikan sudah dilakukan sesuai dengan mekanisme dan aturan perundang-undangan dan turunannya,” katanya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: