Rabu, 31 Mei 2023

KKN di Desa Penari Pecahkan Rekor, Geser Posisi Pengabdi Setan

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:50 WIB
KKN BERUJUNG MUSIBAH: Salah satu adegan saat para mahasiswa peserta KKN tiba di Desa Penari. Mereka awalnya tidak sadar ada bahaya yang mengintai mereka. (MD Pictures untuk Jawa Pos)
KKN BERUJUNG MUSIBAH: Salah satu adegan saat para mahasiswa peserta KKN tiba di Desa Penari. Mereka awalnya tidak sadar ada bahaya yang mengintai mereka. (MD Pictures untuk Jawa Pos)

JawaPos.com – Perilisan film KKN di Desa Penari menjadi momen kebangkitan industri perfilman tanah air yang sempat mati suri dihantam pandemi. Meski sempat mengalami dua kali penundaan penayangan selama dua tahun, film yang diadaptasi dari thread akun Twitter SimpleMan tersebut tetap diminati masyarakat.

Itu dibuktikan dengan jumlah penonton di hari ke-13 penayangan pada Kamis (12/5) lalu. Sebanyak 4.613.276 sudah menyaksikan cerita Widya (Adinda Thomas) dan kawan-kawannya yang mengalami kejadian mistis di desa terpencil. Hampir menyentuh angka 5 juta. Jumlah itu masih akan bertambah mengingat KKN di Desa Penari masih tayang di banyak layar bioskop.

KKN di Desa Penari pun menjadi film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak pada masa pandemi. Film berdurasi 121 menit itu juga mengukir pencapaian historis lain. Yakni, menggeser posisi Pengabdi Setan (2017) sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa.

Jumlah penonton KKN di Desa Penari melampaui jumlah penonton film horor karya Joko Anwar itu. Saat diputar di bioskop pada 2017, Pengabdi Setan –yang bercerita tentang hantu Ibu (Ayu Laksmi)– ditonton sebanyak 4.206.103 orang.

Sutradara Awi Suryadi bersyukur atas pencapaian fantastis film horor karyanya. Dihubungi Jawa Pos tadi malam (13/5), Awi berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang tidak luntur meski film tertunda dua tahun.

Awi mengatakan bahwa pencapaian jumlah penonton KKN di Desa Penari menandakan insan dan penonton film Indonesia telah bangkit. ’’Saya senang banget dan bangga masyarakat sudah berani kembali ke bioskop. Ya berasa hidup lagi lah,’’ papar sutradara yang juga menggarap film Danur (2017) itu.

Untuk merayakan capaian penonton KKN di Desa Penari, Awi mengungkapkan bahwa tim produksi telah merencanakan agenda untuk pesta kecil. Dia menjelaskan bahwa CEO dan produser MD Pictures Manoj Punjabi telah mengajak cast dan kru untuk bertemu dalam waktu dekat.

’’Kalau tembus 5 juta penonton, Pak Manoj ngajakin reuni, tapi saya nggak tahu kapan dan di mana. Belum dikasih tahu,’’ kata Awi.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, Manoj selaku produser belum merespons terkait pencapaian historis KKN di Desa Penari ataupun pendapatan film. Sebagaimana diketahui, rumah produksi MD Pictures telah menggelontorkan dana Rp 15 miliar untuk memproduksi KKN di Desa Penari.

Awi pun enggan membeberkan jumlah pendapatan yang diperoleh. Menurut dia, produserlah yang mempunyai wewenang berbicara perihal biaya. ’’Sudah lebih dari balik modal dong pastinya. Kan dihitung dari jumlah penontonnya. Tapi, itu Pak Manoj yang berhak menjawab dengan jelas,’’ kata Awi.

KKN di Desa Penari berkisah tentang sekumpulan mahasiswa yang menjalani proyek kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil bernama Penari. Selain Widya, ada Nur (Tissa Biani), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha).

Namun, rencana KKN tidak berjalan mulus. Ada dua orang di antara para mahasiswa itu yang harus berurusan dengan Badarawuhi (Aulia Sarah), penguasa gaib desa. Tindakan tak pantas terjadi sehingga muncullah serentetan peristiwa gaib yang membuat situasi runyam. 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tags

Terkini

The Little Mermaid Kuasai Box Office

Selasa, 30 Mei 2023 | 13:10 WIB
X