alexametrics

Desainer Poppy Dharsono Promosi UMKM Fashion Kulit Lokal ke Italia

22 November 2021, 15:31:29 WIB

JawaPos.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di bidang fashion terus berkibar. Kali ini UMKM fashion lokal dilirik oleh Duta Besar Indonesia untuk Italia dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN). Desainer fashion dari Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono mengatakan seni budaya memainkan peran penting dalam membantu individu dan negara membentuk identitas dan karakter bangsa. Kreativitas dapat membuka cakrawala berpikir, memperluas waswasan, sekaligus mendukung kewirausahaan dan meningkatkan nilai keekonomian.

“Insan kreatif seperti seniman berperan penting dalam melestarikan sejarah, memupuk keragaman budaya, ras dan warisan budaya hingga memiliki kemampuan untuk menyatukan masyarakat dan membangun komunitas,” jelas Poppy kepada wartawan, Senin (22/11).

Menurutnya, kolaborasi antara Indonesia dan Italia memiliki waktu yang tepat, yang secara tidak sengaja berbarengan dengan agenda kegiatan G-20. Visi dan misi ini sangat selaras dengan yang dimiliki pemerintah Indonesia di kancah G20

“Landasan niat kami yang kuat untuk mendukung para pelaku usaha kecil menengah dari industri kreatif yang bergerak di bidang fashion,” jelas Poppy.

Kolaborasi dilakukan oleh LaSalle College Jakarta dan Koefia International Academy of Fashion Rome, yang dapat menjawab kebutuhan pendidikan guna mempersiapkan generasi muda yang dapat menghasilkan produk kreatif yang berkualitas dan berkiprah di dunia mode Internasional di masa depan.

Fokus kerja sama yakni pada industri kulit dari Italia, bekerja sama dengan La Sapienza. Kulit Indonesia sudah memiliki kualitas yang cukup baik, namun diperlukan panduan yang tepat agar dapat mencapai standar internasional.

APPMI juga memiliki brand ambassador Alessio Specolizzi di Roma untuk dapat membantu kami untuk memperkuat persahabatan, kolaborasi ekonomi dan pertukaran budaya dengan mendukung usaha kecil menengah Indonesia dari industri kreatif memamerkan produk mereka ke pasar Italia.

“Italia adalah negara yang sangat menginspirasi saya sejak usia muda dan saya sangat senang bisa berada di sini lagi, setelah sekian lama pembatasan akibat pandemi. Terlebih lagi dalam situasi ini, kita bersama mampu menciptakan kemitraan yang membuat saya sangat bersemangat,” jelas Poppy.

“Saya berharap pemberdayaan perempuan dan industri kreatif Indonesia, hubungan bilateral Indonesia-Italia yang semakin baik serta memberi angin perubahan positif bagi dunia,” kata Poppy.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads