alexametrics

8 Tips Persiapan Pensiun Dini Agar Tetap Bahagia Tanpa Beban

17 November 2021, 09:00:01 WIB

JawaPos.com – Siapa yang tidak ingin pensiun di usia muda? Setiap orang pasti punya impian bisa bebas traveling ke mana saja, tanpa memikirkan kewajiban bekerja dari pagi sampai sore. Akan tetapi, ada beberapa persiapan pensiun dini yang wajib Anda lakukan. OCBC NISP menjelaskan dengan detil caranya di bawah ini.

8 Persiapan Pensiun Dini Agar Tetap Bahagia

Sebagai catatan, pensiun muda yang dimaksud di sini bukanlah pensiun karena sakit atau tidak bisa bekerja lagi ya, sobat OCBC NISP. Dalam artikel ini, pensiun muda adalah berhenti bekerja agar bisa bersenang-senang sebelum tua. Untuk mencapainya, lakukan persiapan-persiapan pensiun dini berikut:

1. Bekerja Keras Sejak Usia 20-an
Setiap orang mendambakan berhenti bekerja di sebelum usia 50 tahun. Dan hal ini tidak akan bisa dicapai tanpa kerja keras 20-30 tahun sebelumnya. Oleh karena itu, syarat pensiun dini paling utama adalah bekerja keras dari sekarang.

Lakukan pekerjaan dengan semaksimal mungkin, siapkan rencana bisnis, dan rajinlah berolahraga. Tiga hal ini adalah persiapan pensiun dini terbaik yang dapat Anda lakukan jika ingin pensiun dalam keadaan sukses, sehat, dan bahagia.

2. Disiplin Menabung Tiap Bulan
Disiplin menabung adalah salah satu syarat pensiun dini yang mutlak. Berapapun penghasilan Anda, tidak akan menghasilkan apapun jika tidak konsisten menabung. Dan tanpa tabungan cukup, Anda tidak akan bisa pensiun muda, karena harus masih terus bekerja memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satu program tabungan terbaik untuk Anda ikuti saat ini adalah program Nyala OCBC NISP. Bukan hanya mampu menyimpan dana dengan baik, Nyala OCBC NISP akan menjadi partner Anda dalam merencanakan keuangan. Selain itu, Nyala juga menyediakan opsi investasi, sehingga Anda dapat menabung sekaligus mengembangkan dana melalui program ini.

3. Jalani Gaya Hidup Apa Adanya
Persiapan pensiun dini berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membiasakan hidup apa adanya. Jangan mudah tergiur dengan kemewahan hidup orang lain. Jika Anda memiliki circle pertemanan orang-orang dengan pengeluaran tinggi, tidak perlu memaksakan diri mengikuti gaya mereka.

4. Pelajari Keahlian-Keahlian Baru
Mempelajari keahlian baru adalah salah satu persiapan pensiun dini yang dapat Anda mulai dari sekarang. Keahlian-keahlian baru akan memberi banyak opsi agar Anda tetap produktif meskipun sudah berhenti menjadi karyawan. Beberapa opsi tersebut misalnya menjadi content creator, petani hidroponik, peternak lele, dan sebagainya.

5. Mempelajari Cara Berinvestasi
Sebelum kita membahas poin kelima, OCBC NISP ingin mengingatkan bahwa tidak ada yang namanya pesangon pensiun dini. Jika Anda mengundurkan diri dari perusahaan sebelum waktunya, maka Anda tidak akan mendapat dana pensiun.
Sehingga Anda harus berusaha mengamankan kondisi keuangan sendiri sebelum memutuskan pensiun.

Salah satu cara mengamankan finansial paling ampuh adalah dengan aktif di dunia investasi. Anda dapat belajar menyisihkan sedikit pendapatan tiap bulannya guna membeli obligasi di bursa saham. Sambil praktik, luangkan waktu tiap hari untuk mendalami strategi-strategi investasi.

6. Membangun Sumber-Sumber Passive Income
Selain berinvestasi di bursa, Anda juga dapat membuat alur passive income lain, seperti Adsense, buku, podcast, dan sebagainya. Membangun sumber passive income semacam ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan membuat konten. Akan tetapi, passive income semacam ini akan terus menghasilkan uang bagi Anda di masa depan, bahkan saat Anda sudah tidak mengurusinya.

7. Siapkan Bisnis Sendiri Dari Sekarang
Tujuan pensiun dini bukan supaya kita bisa menganggur segera. Lebih mulia dari itu, tujuan pensiun dini adalah agar kita bisa memanfaatkan waktu dengan kegiatan lebih bermanfaat, tanpa terjebak jam kerja ketat setiap harinya.

Oleh karena itu, memiliki bisnis sendiri adalah salah satu syarat pensiun dini yang wajib Anda siapkan. Saat kita menjadi bos di perusahaan kita sendiri, kehidupan kita tentu akan lebih santai. Sehingga kita pun bisa fokus melakukan hal-hal kita sukai.

8. Miliki Prinsip Finansial yang Mapan
Persiapan pensiun dini terakhir untuk Anda lakukan adalah memiliki prinsip finansial mapan. Pahamilah bahwa kehidupan manusia hanya sementara, sehingga kita perlu memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Memperbanyak kekayaan bukanlah sebuah kesalahan. Justru sebaliknya, kita dianjurkan mengoptimalkan kekayaan semampunya. Akan tetapi, jangan lupa manfaatkan kekayaan tersebut untuk hal-hal bermanfaat dan berorientasi kebaikan. Dengan demikian, kita dapat menjadi manusia dengan kebermanfaatan tinggi dan mewujudkan dunia yang lebih baik.

Itulah tips-tips persiapan pensiun dini yang bisa sobat lakukan agar tetap bahagia meski sudah tidak jadi karyawan. Selain poin-poin di atas, ada satu lagi syarat pensiun dini untuk Anda lakukan, yaitu segera mempersiapkannya dari sekarang!Jika butuh bantuan mempersiapkan pensiun di usia muda, jangan sungkan menghubungi OCBC NISP ya! Kami siap membantu sobat OCBC NISP agar mencapai #FinanciallyFit di usia muda. Yuk daftar program Nyala OCBC NISP dan rasakan bagaimana serunya.

Jika butuh bantuan mempersiapkan pensiun di usia muda, jangan sungkan menghubungi OCBC NISP ya! Kami siap membantu sobat OCBC NISP agar mencapai #FinanciallyFit di usia muda. Yuk daftar program Nyala OCBC NISP dan rasakan bagaimana serunya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM




Close Ads