alexametrics

Rindu Pasangan saat Berjauhan, Intip 4 Tips Bahagia Jalani LDR

11 Oktober 2021, 11:59:06 WIB

JawaPos.com – Pasangan pejuang long-distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh tentu tak mudah melalui segala tantangan. Mereka harus saling menahan rindu satu sama lain. Para pasangan yang terpaksa harus LDR tentunya jarang kontak secara fisik.

LDR bisa karena batasan pekerjaan, sekolah, hingga alasan lain yang memisahkan pasangan antarkota atau antarnegara. Psikolog Riliv, Ni Made Putri Ariyanti mengatakan LDR dapat menjadi hubungan yang sulit, karena membutuhkan komunikasi yang jujur dan terbuka.

“Namun, kalau kedua pasangan berusaha, maka hubungan LDR itu bisa berhasil,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (11/10).

Lalu, bagaimana caranya agar bisa tetap nyaman untuk terus menjalankan hubungan LDR bersama pasangan? Berikut tips untuk bahagia bersama pasangan selama LDR.

1. Saling Percaya Satu Sama Lain
Dalam hubungan romantis pada umumnya, Anda harus percaya kalau pasangan tidak akan selingkuh dengan orang lain. Apalagi, dalam hubungan LDR, dimana Anda hanya bisa berjumpa melalui layar dan mendengar suara satu sama lain di telepon.

Merasa sulit untuk mempercayai pasangan? Mulailah dengan meyakini bahwa ia juga menaruh kepercayaan terhadap Anda. Maka, kalau kepercayaan itu dikhianati olehnya, artinya ia yang tidak becus dalam menjaganya.

2. Lakukan Komunikasi, tapi Jangan Mengekang
Komunikasi adalah kunci. Hal itu juga berlaku dalam hubungan LDR, bahkan, lebih berarti. Karena, komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads