alexametrics

Pengunjung Mal Naik 30 Persen selama Periode Libur Lebaran

9 Mei 2022, 19:33:43 WIB

JawaPos.com – Menurunnya kasus Covid-19 membuat perekonomian bergeliat. Hal itu terlihat dari minat masyarakat mengunjungi mal sejak Ramadan hingga Lebaran untuk berbelanja. Tercatat pengunjung mal naik 30 persen selama libur Lebaran dan seiring menurunnya kasus Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja mengatakan puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan pada saat Ramadhan terjadi sekitar satu minggu sebelum hari Idul Fitri. Rata-rata pembelian didominasi belanja kebutuhan sandang atau busana dan keperluan rumah tangga.

“Untuk Ramadan tahun 2022 ini puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan telah terjadi pada tanggal 23-24 April 2022 yang lalu,” katanya kepada JawaPos.com, Senin (9/5).

Sedangkan pada saat Idul Fitri umumnya kunjungan ke pusat perbelanjaan pada hari kedua akan lebih tinggi daripada hari pertama. Masyarakat lebih banyak berbelanja untuk kulineran hingga liburan. “Datang ke mal untuk makan dan minum serta hiburan,” ungkapnya.

Peningkatan kunjungan ke pusat perbelanjaan selama Idul Fitri juga mulai terjadi pada hari kedua yang terus berlanjut sampai dengan hari Minggu kemarin. Diperbolehkannya mudik Lebaran berdampak terhadap kunjungan ke pusat perbelanjaan yang berada di kota-kota besar, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Memang diakuinya, kemudahan dan pelonggaran untuk bepergian ke luar negeri juga mempengaruhi tingkat kunjungan mal. Namun meskipun demikian, rata-rata tingkat kunjungan pada saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2022 ini tetap meningkat lebih tinggi yaitu sekitar 30 persen dibandingkan dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 yang lalu.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads