alexametrics

9 Manfaat Rebusan Biji Alpukat Untuk Memelihara Kesehatan

24 April 2019, 08:09:06 WIB

JawaPos.com – Buah alpukat memang kaya asam lemak baik untuk tubuh. Tak hanya daging buahnya, biji alpukat juga bisa dibuat ramuan dengan cara direbus dan diambil manfaatnya. Untuk itu, jangan dibuang biji alpukat karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari NDTV, Rabu (24/4), cara membuat rebusan biji alpukat sangat mudah. Ambil alpukat dan pisahkan buah serta bijinya. Setelah mendapatkan bijinya, masukkan ke dalam panci dengan secangkir air dan didihkan selama lebih dari 5 menit.

Lalu, keluarkan setelah lunak sehingga dapat dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Atau Anda bisa menggunakan gilingan kopi untuk menghancurkannya.

Kemudian, masukan potongan-potongan biji alpukat ke dalam wadah dengan dua gelas air matang dan biarkan direbus selama 7-8 menit. Lalu saring dan minum. Anda bisa menambahkan 1 sendok madu agar menambah rasa.

Baik Untuk Jantung

Rebusan biji alpukat baik untuk mencegah penyakit jantung. Alpukat diisi dengan asam lemak omega-3 yang membuatnya sangat ramah jantung.

Turunkan Kolesterol Jahat

Alpukat mengandung asam lemak baik untuk meningkatkan kolesterol baik. Sehingga biji alpukat juga efektif dalam memerangi kolesterol jahat.

Cegah Kanker

Alpukat adalah sumber antioksidan yang baik yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan radikal bebas dapat menghambat sistem kekebalan, dan bahkan dapat membuat usia kulit menua lebih cepat. Beberapa penelitian juga mengaitkan kerusakan radikal bebas memicu kanker. Hasil antioksidan dalam biji alpukat dapat mencegah pertumbuhan tumor.

Turunkan Lemak

Biji alpukat adalah sumber serat, yang membantu meningkatkan rasa kenyang. Jika merasa kenyang, secara alami akan mengurangi makan dan mengurangi berat badan. Biji alpukat juga merupakan sumber kalsium yang baik. Beberapa penelitian mengklaim bahwa kalsium dapat mempercepat penurunan lemak.

aplukat,
Biji alpukat dikatakan bisa menurunkan lemak karena kandungan seratnya. (Family World News)

Rendah Kalori

Rebusan biji alpukat juga merupakan minuman rendah kalori. Minumlah ramuan ini ketimbang soda yang tinggi gula.

Sehatkan Pencernaan

Rebusan alpukat terbukti sangat bermanfaat untuk pencernaan. Jika perut terasa sembelit atau telah mengalami konstipasi selama beberapa waktu, cobalah minuman ini.

Cegah Radang

Rebusan ini dikemas dengan sifat anti-inflamasi. Selain itu membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan.

Cegah Hipertensi

Rebusan biji alpukat bisa ajaib menjaga tekanan darah tetap terkendali. Sama seperti buahnya, bijinya juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium membantu meniadakan efek buruk natrium dan menstabilkan tekanan darah.

Kaya Vitamin C Untuk Kulit

Punya kandungan vitamin C yang kaya, biji alpukat juga membantu pengelupasan kulit secara alami. Sehingga kulit lebih sehat dan bercahaya alami.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani