alexametrics

Ketahui Dampak Rutin Minum Kopi Pada Kesehatan Gigi dan Solusinya

15 November 2019, 12:00:13 WIB

JawaPos.com – Penggemar kopi seringkali dikaitkan dengan gigi kuning dan napas tak sedap. Noda kopi dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan, terutama jika Anda seorang pecandu kopi berat.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (15/11), berbagai penelitian menunjukkan, minum kopi secara teratur dapat berdampak negatif terhadap kesehatan gigi. Rutinitas pagi bisa menjadi ‘musuh’ kesehatan gigi karena kopi mengandung bahan yang disebut tanin. Yakni jenis polifenol yang terurai dalam air. Tanin ini bertanggung jawab dalam pembentukan senyawa warna yang menempel pada gigi dan meninggalkan rona kuning.

Meski hanya 1 cangkir kopi sehari dapat menyebabkan gigi bernoda kopi. Enamel gigi adalah zat tersulit dalam tubuh manusia dan terstruktur tidak rata yang mengandung lubang dan punggungan mikroskopis untuk menampung partikel makanan dan minuman. Dan ketika minum kopi secara teratur, pigmen dari minuman berwarna gelap ini tersangkut di celah-celah dan dapat menyebabkan noda permanen dan menguning pada gigi.

Solusinya

1. Dokter gigi dapat membantu menghilangkan noda kopi dari gigi selama melakukan pembersihan rutin. Jadi, pastikan untuk menjadwalkan janji temu rutin ke dokter gigi.

2. Lalu menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih yang mengandung karbamid peroksida atau hidrogen peroksida juga dapat membantu menghilangkan noda.

3. Minyak kelapa juga membantu menetralkan kelebihan asam di dalam mulut dan membersihkan pigmen dan partikel dari kopi. Ambil minyak kelapa dan kumur selama 15-20 menit. Lalu sikatlah gigi dengan pasta gigi.

Cara Mencegah Noda Kopi

1. Tambahkan susu ke kopi. Bisa susu dari sapi atau kambing yang kaya protein yang berikatan dengan polifenol dalam kopi.

2. Sikat gigi Anda dengan pasta gigi pemutih gigi secara teratur.

3. Gunakan sedotan saat minum kopi. Tentunya sedotan ramah lingkungan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads