alexametrics

Waspada, Virus Korona Seperti Semprotan Obat Nyamuk, Melayang di Udara

11 Juli 2020, 21:03:50 WIB

JawaPos.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bahwa virus Korona jenis baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 bisa menular lewat udara atau yang disebut aerosol transmision. Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan masyarakat untuk waspada terhadap virus Korona yang menyebar lewat udara.

“Seperti diibaratkan, aerosol seperti semprotan obat nyamuk. Dia (Covid-19) melayang-layang di udara dengan waktu cukup lama,” ujar Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (11/7).

Oleh sebab itu, jika dalam ruangan tertutup dan ventilasi udara yang buruk, virus tersebut akan melayang-layang di udara. “Apabila ruangan tertutup tidak ada ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak berlangsung baik, selama itulah Covid-19 akan berada di situ,” beber Yurianto.

Yuri – sapaan akrabnya, mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan ruangan di suatu tempat memiliki ventilasi udara yang cukup bagus.‎ “Sehingga ketika ada droplet orang positif, akan dengan cepat bisa dikeluarkan dari ruangan itu dengan aliran udara yang baik,” ungkapnya.

Tak lupa Yurianto meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Memakai masker, cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, disebutnya sebagai kunci menghentikan penyebaran virus Korona.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads