alexametrics

DPR Minta BPOM Beri Ruang Penggunaan Obat untuk Covid-19

1 September 2021, 19:35:26 WIB

JawaPos.com – Pandemi belum berakhir. Para ahli terus berupaya meneliti sejumlah obat untuk menyembuhkan dari Covid-19.

Di tengah kondisi yang darurat ini, Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mendorong BPOM lebih progresif dan memberikan ruang pada penggunaan obat-obatan yang ditengarai bisa dipakai untuk Covid-19.

“Pandemi Covid-19 saat ini adalah situasi darurat, yang berbeda dengan situasi normal, sehingga perlu adanya langkah progresif,” ujar Emanuel Melkiades Laka Lena dalam keterangan persnya, Rabu (1/9).

“Kaidah keilmuan dan ketentuan tetap bisa dipakai namun pada saat yang sama juga harus diberikan ruang bagi penggunaan obat-obatan seperti Ivermectin dan lainnya yang lebih terbuka,” imbuh pria yang biasa disapa Melki itu.

Dia mengatakan, DPR mendorong agar BPOM juga menjadi bagian dari pelaksanaan Inpres Nomor 6 tahun 2016. Menurut dia, inpres itu untuk mempercepat produksi obat dan alkes dalam negeri.

“Dalam kaitan dengan obat, kami mendorong BPOM agar betul-betul membantu, mendampingi, memfasilitasi agar obat-obatan dalam negeri bisa dihasilkan terutama dalam masa pandemi saat ini,” kata anggota DPR dari dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Editor : Ilham Safutra




Close Ads