JawaPos Radar

IKM Keramik di Malang Dapat 7 Mesin Produksi Teknologi Tinggi

23/06/2018, 17:04 WIB | Editor: Yusuf Asyari
IKM Keramik di Malang Dapat 7 Mesin Produksi Teknologi Tinggi
DirekturJenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI, Achmad Sigit Dwiwahjono saat melihat mesin produksi keramik di sentra keramik Dinoyo, Jumat (22/6). (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Produksi keramik di Kota Malang terus tumbuh dan memberikan kontribusi cukup baik dalam mendukung pertumbuhan perekonomian. Industri tersebut pun dirasa perlu terus ditingkatkan kualitas maupun desainnya.

DirekturJenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian memberikan bantuan berupa mesin peralatan produksi keramik pada Sentra Industri Keramik Dinoyo.

Setidaknya ada tujuh set mesin peralatan produksi yang diserahkan. Masing-masing set terdiri dari tiga item. Yakni tungku, bowl mill (mangkuk pencampur), dan meja putar.

DirekturJenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, kondisi perkeramikan, terutama untuk souvenir saat ini cukup tertinggal, khususnya dalam konteks teknologi.

Oleh karena itu, dengan mesin ini, diharapkan bisa menghasilkan produksi yang lebih maksimal.

"Ini dikasih tungku sehingga bisa lebih stabil pemanasannya, dan hasilnya bisa maksimal," ujarnya saat berkunjung ke sentra keramik Dinoyo, Jumat (22/6).

Dia menambahkan, ketika mendapat banyak pesanan, hal yang harus diperhatikan yakni produk, ketepatan atau presisi, serta pengirimannya. "Dengan tungku ini bisa dijamin hasilnya. Apalagi tungku ini paling baru, panasnya bisa stabil," jelasnya.

Dia berharap, dengan adanya bantuan mesin ini, Kota Malang mampu turut serta menyumbang peningkatan pertumbuhan ekonomi di negara melalui sektor industri keramik.

"Salah satu tujuannya adalah untuk mencapai investasi agar pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik," jelasnya.

Dengan mesin tersebut, produksi keramik yang dihasilkan bisa lebih banyak dibanding mesin yang sebelumnya digunakan. Jika pada mesin biasa hanya menghasilkan 600 kramik, dengan mesin ini bisa mencapai 1000 keramik.

Bantuan 7 mesin tungku sebesar Rp 1,5 miliar tersebut diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto dengan didampingi Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, Subhan.

Sementara itu, Wasto mengatakan, melalui bantuan dari Kementerian Perindustrian ini, dirinya berharap kepada IKM anggota Paguyuban Sentra IKM Keramik Dinoyo, yang telah menerima bantuan mesin dan peralatan produksi keramik dapat memanfaatkannya dengan baik.

"Dijaga dan dirawat, supaya tidak cepat rusak, sehingga nantinya tidak saja dapat meningkatkan kapasitas produksi, namun juga mampu berinovasi dan menggali kreatifitas," ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, menghasilkan produksi keramik yang berkualitas dan berujung pada tumbuhnya minat masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk lokal tanah air.

"Kedepan, Pemkot Malang akan melaksanakan pembinaan lanjutannya kepada para IKM agar bantuan mesin yang diserahkan hari ini mampu dimanfaatkan secara maksimal karena keramik juga telah menjadi alternatif oleh-oleh atau buah tangan dari Kota Malang selain kripik tempe dan buah," pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up