JawaPos Radar | Iklan Jitu

4 Tahun Jokowi, Ini Realisasi Dana Desa

22 November 2018, 17:44:08 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat tiba di Gedung PRPP Semarang, Kamis (22/11). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membeberkan realisasi dana desa selama empat tahun ini. Dirinya menyebut pemanfaatannya selama ini telah memberikan dampak besar pada pembangunan desa-desa di Tanah air.

Hal itu disampaikan Jokowi di sela acara Sarasehan Pengelolaan Dana Desa di Gedung PRPP Semarang, Kamis (22/11). Yang dihadiri oleh ribuan orang terdiri dari kepala desa dan pendamping desa di Jawa Tengah.

"Ini hasilnya saya bacakan, selama empat tahun ini di seluruh Tanah Air data saya untuk seluruh Indonesia, jalan desa yang telah terbangun ini 123 ribu km, panjang sekali," kata Jokowi.

Masih dari pemanfaatan dana desa dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat desa, Jokowi menyebut ada 6.500 unit pasar desa terbangun berkat dana desa. Kemudian, 791 ribu meter jembatan, 28 ribu unit irigasi serta 1.900 embung, serta 700 kegiatan Bumdes.

Kemudian, pemanfaatan dana desa dilihat dari aspek meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, Jokowi tak lupa menyebutkannya. "Ada 11.500 Posyandu yang dibangun dari dana desa. Ada 18 ribu PAUD yang telah dibangun dari dana desa," jelas Jokowi.

Dengan demikian, Jokowi menegaskan bahwa dana desa memang ada hasil konkretnya. Kendati demikian, ia mengingatkan agar pemanfaatan dana desa ini agar tetap bisa sesuai kebutuhan. Harus dilihat fokusnya dimana, jangan hanya dibuang di untuk yang tidak perlu.

"Ke depan apa yang ingin kita bangun di desa. Kita ingin mulai masuk yang namanya hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi. Pemberdayaan ekonomi masyarakat dan inovasi pemberdayaan ekonomi masyarakat dan inovasi. Tapi kalau membangun infrastruktur juga nggak apa-apa," cetusnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up