JawaPos Radar

Apresiasi Sunarman, Rutan Solo Bakal Berikan Penghargaan

19/10/2018, 18:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Napi Kabur
REWARD: Kasi Pelayanan Rutan Kelas IA Solo, Solichin saat berada di ruang kerjanya. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Solo akan memberikan reward atau penghargaan kepada Sunarman bin Sutino, 38, yang dengan penuh tanggungjawab sudah menyerahkan diri ke Rutan Solo. Penghargaan yang akan diberikan tersebut berupa permohonan izin ke Dirjen PAS agar Sunarman bisa ditahan di Rutan kelas IA Solo seperti keinginan terpidana kasus narkoba tersebut.

Selain itu, Rutan juga akan mengajukan bebas bersyarat untuk Sunarman jika nantinya ditahan di Solo dan sudah menjalani dua tahun masa tahanan. "Sunarman ini memang selayaknya mendapatkan reward, karena dia dengan rela tanpa paksaan sudah menyerahkan diri ke Rutan Solo. Dia merupakan Napi yang kooperatif karena sudah menyerahkan diri," terang Kasi Pelayanan Rutan Kelas IA Solo, Solichin kepada JawaPos.com, Jumat (19/10).

Solichin menambahkan, dengan sikapnya tersebut Sunarman juga layak untuk mendapatkan permohonan bebas bersyarat. Dan untuk bisa bebas bersyarat, Sunarman harus menjalani masa hukuman minimal separuh dari pidana yang dijatuhkan yakni dua tahun.

"Nanti kalau Sunarman bisa ditempatkan di tahanan Rutan Solo dan sudah menjalani masa hukuman minimal dua tahun kami akan mengajukan bebas bersyarat. Itu sebagai bentuk reward kepada Sunarman," ungkapnya. 

Dan tentunya, masih kata Solichin, nantinya Rutan Kelas IA Solo juga akan mengajukan remisi bagi Sunarman. Sehingga, pria yang merupakan tahanan Lapas Kelas IIA Palu itu bisa mendapatkan pengurangan masa tahanan. "Kalau remisi juga nanti akan kami usulkan," katanya.

Solichin juga mengatakan, selama menempati tahanan di Rutan Kelas IA Solo, Sunarman berperilaku sangat baik. Tidak ada permasalahan dengan napi senior. Dia bisa diterima dengan baik oleh napi lainnya. "Dari laporan yang masuk tidak ada masalah, Sunarman bisa diterima di tahanan blok D," tandas Solichin.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up