JawaPos Radar | Iklan Jitu

Atlet Para Games Jateng Dijanjikan Bonus Sama Besar dengan Asian Games

17 September 2018, 15:50:59 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Atlet Asian Games
FOTO BARENG: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menerima dan berfoto bersama para delegasi atlet, pelatih, serta pendamping Asian Para Games 2018 di kantor gubernuran, Semarang, Senin (17/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjanjikan besaran bonus yang sama antara para atlet peraih medali di Asian Games 2018 kemarin dengan mereka yang berprestasi pada ajang Asian Para Games 2018. Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur setempat Ganjar Pranowo, Senin (17/9).

Pria berambut putih itu mengaku telah mengkomunikasikan bersama Presiden Joko Widodo soal bonus ini. "Pak Presiden Jokowi bilang hadiahnya sama seperti Asian Games. Termasuk hak-hak terkait masa depan," ujarnya usai menerima dan melepas delegasi atlet, pelatih, serta pendamping asal Jateng guna mengikuti pertandingan Asian Para Games 2018 di komplek kantor Gubernuran, Semarang.

Dengan demikian, ia berharap para atlet mampu berjuang secara optimal pada kompetisi olahraga penyandang disabilitas se-Asia itu. Akan tetapi, ia meminta untuk prestasi mentereng Indonesia di Asian Games 2018 lalu supaya tak terlalu dijadikan beban. 

Sementara untuk jumlah atlet asal Jateng yang dikirim berlaga pada Asian Para Games sendiri, tercatat ada sebanyak 75 orang. Angka ini mencakup sekitar 25 persen olahragawan Indonesia yang berangkat ke Asian Para Games 2018 besok. Hal ini, menurutnya, juga tak terlepas dari perhatian pemprov selama ini.

"Kemarin kita melihat di (Pusat Pelatihan) Solo relatif bagus, ya. Tiga cabor yang kita itu baik bulutangkis, tenis meja dan satu lagi angkat berat. Bahkan, angkat berat bagus fasilitasnya. Maka, kalau kita bisa jadi penyumbang ini, kita dukung dan siapkan," kata Ganjar.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jateng Urip Sihabudin, merinci besaran bonus bagi para atlet yang bisa berprestasi di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018 besok ini. "Emas itu Rp 100 juta, perak Rp 75 juta dan Rp 50 juta peraih perunggu," katanya.

Adapun uang saku sebesar Rp 2,7 juta yang diberikan kepada atlet, pelatih dan pendamping. Urip menjelaskan, itu merupakan bentuk perhatian bagi para atlet penyandang disabilitas yang akan berjuang mengharumkan nama bangsa di Asian Para Games 2018.

"Untuk Jateng, kami berharap bisa menyumbang medali dari cabang olahraga atletik, tenis dan juga angkat berat," tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up