JawaPos Radar | Iklan Jitu

Segera Tersambung, Tol Semarang-Solo Hanya Ditempuh 1,5 Jam

14 Desember 2018, 14:44:57 WIB
Ganjar Pranowo
SIDAK TOL: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau ruas tol Salatiga-Kartosuro, Jumat (14/12). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan waktu tempuh antara Semarang-Solo yang normalnya 3 jam, kini hanya 1,5 jam saja. Hal itu dikatakannya usai menjajal perjalanan ke dua kota tersebut melalui tol penghubung, yakni ruas Salatiga-Kartosuro yang dipastikan bisa dilalui saat Natal dan Tahun Baru nanti.

"Orang Semarang yang pingin ke Solo cukup 1,5 jam atau sebaliknya. Kalau santai-santai ya dua jam sambil ngopi-ngopi. Mau istirahat sambil lihat pemandangan. Maka sekarang kita tinjau. Semalam saya juga sudah nyoba. Lumayan bagus," katanya saat meninjau ruas tol Salatiga-Kartosuro, Jumat (14/12).

Dapat dilaluinya ruas ini juga sudah dipastikan melalui Ekspedisi Tembus tol Trans Jawa, kata Ganjar. Yang diikuti Menteri BUMN Rini Soemarno beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64 kilometer. Dan tol Semarang-Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu
Untuk diketahui, jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64 kilometer. Dan tol Semarang-Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

Ganjar menerangkan, ruas tol Salatiga-Kartosuro saat ini tengah memasuki tahap finishing untuk talud, jembatan, dan dinding tepian jalan. Rencananya, semua ini akan selesai dan segera diuji coba saat musim libur Natal dan Tahun Baru.

"Rencana tanggal 20 Desember 2019 mau dibuka, rencana oleh presiden. Sekaligus jalan sampai tahun baru," sambung Ganjar menjelaskan.

Untuk diketahui, jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64 kilometer. Dan tol Semarang-Salatiga telah beroperasi sejak tahun lalu. Sedangkan ruas tol Salatiga-Kartosuro panjangnya 32,6 kilometer.

"Kalau nanti sudah uji coba mau natal ketika belum siap untuk dukungan BBM kita siapkan yang portabel. Kalau kerja ini SOP-nya sudah kita uji coba berkali-kali. Maka dua tahun terakhir kalau kita bisa menyelenggarakan mudik bagus itu sudah jadi template kerja kita," cetusnya. 

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up