JawaPos Radar

Pengawas SPN Dirgantara Tidak Tahu Ada Sel di Sekolah

11/09/2018, 17:02 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Pengawas SPN Dirgantara Tidak Tahu Ada Sel di Sekolah
Pertemuan pihak terkait kasus dugaan kekerasan siswa SPN Dirgantara Batam, di Mapolresta Barelang (Istimewa)
Share this

JaawaPos.com - Pengawas Lapangan SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam, Sumbardianto mengatakan pengawasan selama ini lebih kepada persoalan administrasi. Seperti pemeriksaan fasilitas pembelajaran dan tugas-tugas untuk menunjang guru dalam proses pembelajaran.

Sumbardianto yang terakhir datang ke sekolah  pada awal Agustus lalu, mengaku tidak tahu bahwa ada ruangan penjara di sekolah itu. "Tidak tahu sama sekali kalau ada sel, kok sekolah ada sel," kata Sumbardianto ketika dihubungi.

Perihal adanya informasi pelanggaran yang melibatkan sekolah tersebut, Sumbardianto mengatakan bahwa telah diinstruksikan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk klarifikasi dan investigasi ke SMK tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdik Kepri, Muhammad Dali mengatakan tim dari Disdik rencananya akan datang pada Rabu (12/9). Ketiga petugas yang diutus akan memeriksa secara langsung terkait bagaimana kondisi sebenarnya proses pendidikan di sekolah tersebut.

"Nanti yang akan datang termasuk pengawas untuk wilayah tersebut," kata Dali ketika dihubungi, Selasa (11/9).

Selama kasus ini bergulir, Disdik Kepri memang belum melakukan pertemuan dengan pihak sekolah, namun koordinasi melalui sambungan telepon sudah beberapa kali dilakukan. Salah satunya adalah meminta agar RS, siswa yang menjadi korban dalam kasus ini, untuk dikeluarkan dari sekolah.

"Saya langsung menghubungi kepala sekolahnya untuk anak itu dikeluarkan, setelah kita dapat kabar dari KPPAD (Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak)," kata Dali lagi.

Ketika ditanya perihal sistem pengawasan yang dilakukan di sekolah-sekolah, Dali menjelaskan bahwa pengawasan dilakukan secara periodik. Pengawas dalam waktu-waktu tertentu akan datang langsung ke sekolah.

Namun, ia juga menjelaskan sekolah juga memiliki manajemen sendiri dalam menciptakan sistem di sekolah, termasuk dengan penindakan atas siswa yang membuat pelanggara. Hanya saja sistem tersebut tetap mendapat pengawasan dari Disdik, sehingga tidak melewati atau bertentangan dengan aturan yang ada.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up