JawaPos Radar

Aksi Simpati, Pemkot Malang Galang Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

09/08/2018, 12:23 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Bantuan Korban Gempa Lombok
BANTUAN: Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto (baju hijau) tengah mengecek bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa di Lombok, Kamis (9/8). (dok. Humas Pemkot Malang)
Share this

JawaPos.com - Bencana gempa bumi berkekuatan 7 skala richter (SR) yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu mendapatkan simpati dari semua kalangan. Termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Mereka pun melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. Hingga saat ini, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 16 juta.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto mengatakan, penggalangan dana itu sudah dibuka sejak Selasa (7/8) lalu. Dia mengatakan, penggalangan donasi bantuan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang untuk para korban bencana alam tersebut. 

Dia menyampaikan, bantuan baik berupa dana dan barang sudah sebagian terkumpul dan nantinya akan disalurkan langsung oleh Pemkot Malang ke Lombok. "Ini adalah bentuk solidaritas dan kepedulian dari Pemkot Malang terhadap masyarakat Lombok yang dilanda gempa bumi," ujarnya. 

Sejak dibuka sejak Selasa (7/8) kemarin, lanjut dia, total dana yang berhasil terkumpul sudah mencapai Rp 16.450.000. Selain itu ada pula masyarakat yang menyalurkan bantuan berupa makanan, pakaian, obat dan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat di Lombok.

Tak hanya ASN, Pemkot Malang juga membuka ruang bagi masyarakat Kota Malang yang ingin mendonasikan bantuan baik berupa uang maupun barang kepada warga di Lombok.

Caranya mudah, masyarakat tinggal datang ke Kantor Balai Kota Malang dan disana nantinya akan ada petugas yang akan melayani untuk mencatat bantuan. Jam pelayanan pos bantuan ini setiap harinya dibuka sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

"Posko masih kami buka untuk beberapa hari kedepan dan jika terasa sudah terkumpul dengan cukup maka akan kami salurkan. Sekali lagi saya berpesan bagi warga Kota Malang yang ingin mendonasikan bantuan untuk saudara kita di Lombok silahkan datang ke Kantor Balai Kota Malang," pesannya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Malang, Sutiaji, berpesan kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) hingga BUMD agar mengkoordinir bantuan dari para ASN di lingkungannya masing-masing.

"Tidak hanya mengkoordinir dari ASN tapi kalau bisa juga dari masyarakat guna gerakan solidaritas untuk korban bencana di Lombok. Semoga upaya ini mampu meringankan beban saudara kita yang sedang tertimpa musibah," pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up