alexametrics

Massa Kampanye di Jogja Ricuh, Rumah dan Kaca Mobil Pecah

7 April 2019, 20:47:22 WIB

JawaPos.com – Sejumlah kaca rumah dan mobil pecah sewaktu terjadi kericuhan di Jalan Wates Kilometer 8, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Minggu (7/4). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden yang ditimbulkan dari aksi massa kampanye Pemilu tersebut.

Anton Prabu, 40, saksi mata dari peristiwa itu mengatakan sekelompok orang tiba-tiba masuk ke kampung di Dusun Ngaran, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping. “Kejadian sekitar pukul 11 (siang), massa masuk kampung. Merusak kaca rumah dan kaca 1 mobil juga pecah,” katanya, Minggu (7/4).

Sesaat kemudian petugas dari kepolisian dan TNI datang ke lokasi kejadian. Beruntung tidak sampai ada korban jiwa dari peristiwa itu.

Terpisah, Kapolda DIJ Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, mereka yang menyerang kampung itu merupakan massa dari peserta kampanye. Mereka berangkat saat akan menghadiri kampanye terbuka di Alun-alun Wates Kabupaten Kulon Progo.

“Kebanyakan mereka ada yang menggunakan sepeda motor. Kebetulan kan di dalam (kampung) sini ada tempatnya FPI (Front Pembela Islam). Ada massa yang berhenti dan biasa saling ejek. Ada gesekan tapi tidak masalah,” katanya.

Kampanye terbuka yang digelar di Alun-alun Wates Kabupaten Kulon Progo memang dihadiri ribuan orang. Baik dari Kabupaten Sleman, Bantul, maupun Kota Jogjakarta.

Dari pantauan, saat keberangkatan mereka memang sempat memenuhi jalan. Kendaraan yang dari arah berlawanan sering memilih untuk mengalah. Para peserta kampanye juga banyak yang tak memakai alat pengaman seperti helm. Selain itu juga knalpot-knalpol sepeda motor yang tak standar dipakai hingga membuat kebisingan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat



Close Ads