JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hujan Sejak Sore, Kota Semarang Dikepung Banjir

03 Desember 2018, 18:52:59 WIB
Semarang Dikepung Banjir
DIKEPUNG BANJIR: Sejumlah daerah di Kota Semarang terendam banjir akibat hujan yang mengguyur sejak Senin (3/12) sore. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hujan yang turun sejak Senin (3/12) sore di Kota Semarang, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Salah satunya adalah Stasiun Tawang Semarang.

Kabar tergenangnya Stasiun Tawang mulanya tersebar melalui group WhatsApp. Tampak sebuah foto yang menunjukkan satu bagian ruangan yang familiar dengan bentuk hall stasiun tersebut. Dan dalam hal ini, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto pun memberikan klarifikasi.

Hujan Sejak Sore, Kota Semarang Dikepung Banjir
Akibat tingginya curah hujan, Stasiun Tawang di Semarang pun terendam banjir. (Istimewa)

"Akibat curah hujan yang turun sangat tinggi di Kota Semarang pada sore ini, sehingga mengakibatkan genangan air di hall stasiun Semarang Tawang dengan ketinggian 2 s/d 3 cm," tulisnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Kendati demikian, ia memastikan pelayanan kepada penumpang tetap berlangsung. "Atas ketidak nyamanan ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," tutupnya.

Sementara itu dari pantauan JawaPos.com, banjir juga menggenangi kawasan yang tak jauh dari Stasiun Tawang Semarang. Tepatnya di area Jalan Imam Bonjol, atau seputaran Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah.

Terlihat sejak air menggenangi setinggi lutut orang dewasa, semenjak sekitar pukul 16.30 wib. Banyak pengendara sepeda motor yang turun dan menuntun kendaraan mereka. Lantaran mengalami mati mesin karena kemasukan air.

"Ini nuntun sejak masuk dari perempatan Johar lama. Ini mau balik ke rumah di Pedurungan dari kampus Undip Pleburan," kata Aldian, 25, sambil mendorong sepeda motor maticnya.

Tak cuma Aldian, adapun Rohman yang memilih menepi dan berteduh di kantor BPBD Jateng. "Nggak bisa nyala mas ini (motor). Nanti nunggu agak surut baru berani pulang," aku pria 31 tahun warga Jalan Ronggolawe, Semarang Utara itu.

Hujan kali ini diketahui juga merendam wilayah Bundaran Simpang Lima. Kemudian daerah Sampangan, tepatnya di Jalan Kelud Raya. Akan tetapi, genangan tak cukup tinggi. Para pengendara motor masih bisa melintas di daerah tersebut.

Sebelumnya, hujan yang terjadi pada Minggu (2/12) malam juga sempat merendam kawasan Jalan Raya Kaligawe. Sejumlah pompa dari dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat sudah diturunkan sejak saat itu.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up