JawaPos Radar

Pangeran William akan Kunjungi Palestina

24/06/2018, 13:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pangeran William akan Kunjungi Palestina
Pangeran William (kiri) akan mengunjungi Palestina tanpa istrinya Middleton (kanan) (AOL)
Share this image

JawaPos.com - Pangeran William akan menjadi anggota pertama keluarga Kerajaan Inggris yang melakukan kunjungan resmi ke Palestina dan Israel pekan depan.

Inggris telah memerintah wilayah di bawah mandat Liga Bangsa-Bangsa yang sekarang menjadi PBB selama hampir tiga dekade sampai Israel didirikan di tanah Palestina 70 tahun silam. Inggris hingga kini masih disalahkan kedua belah pihak karena menabur benih-benih konflik yang terus melanda Palestina dan Israel.

Penerus tahta kedua Inggris berusia 36 tahun tersebut akan tiba Senin esok tanpa didampingi isterinya, Kate Middleton. Middleton tidak turut serta karena masih dalam kondisi pemulihan setelah melahirkan putra ketiga mereka Pangeran Louis, April lalu.

Pangeran William akan Kunjungi Palestina
Palestina masih sering berkonflik dengan Israel (Jerusalem Post)

Pangeran William berkunjung pada saat-saat sensitif. Sebab Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump baru saja mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan kedutaan Washington ke sana.

Tindakan Trump tersebut memicu kemarahan Arab Saudi dan menyebabkan bentrokan mematikan di perbatasan Israel dan Gaza beberapa waktu lalu. Istana Kensington juga telah menggarisbawahi bahwa sifat kunjungan Pangeran William sama dengan semua kunjungan kerajaan ke luar negeri tanpa ada sifat politik di dalamnya, seperti dilansir Gulf News pada Minggu, (24/6).

Namun referensi jadwal resmi ke Yerusalem Timur sebagai wilayah Pendudukan Palestina telah memicu kemarahan tertentu di antara beberapa politisi sayap kanan Israel. Israel telah merebut dan menduduki Tepi Barat dan Yerusalem Timur dari Yordania dalam perang 1967 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional sekalipun.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up