alexametrics

Vietnam Umumkan Semua Pasien Virus Korona di Negaranya Berhasil Sembuh

2 Maret 2020, 13:44:13 WIB

JawaPos.com – Vietnam memberikan kabar yang cukup melegakan bagi masyarakat dunia di tengah kepanikan penyebaran wabah virus Korona jenis baru. Vietnam mengumumkan bahwa semua pasien sebanyak 16 orang yang terinfeksi virus Korona di negara itu sudah keluar dari rumah sakit dan dinyatakan sembuh.

Sebanyak 16 pasien dengan usia tertua 73 tahun, telah dinyatakan sembuh dan diizinkan meninggalkan rumah sakit. Selama 15 hari terakhir, termasuk Jumat (28/2), pemerintah Vietnam juga mendeteksi tidak ada kasus infeksi baru. Terakhir dilaporkan pada 13 Februari 2020. Virus Korona di Vietnam sampai membuat sebuah desa di utara Hanoi diisolasi selama 20 hari.

“Jika menghadapi COVID-19 adalah sebuah perang, maka kami telah memenangkan putaran pertama. Namun situasinya bisa sangat tidak terduga,” kata Menteri Kesehatan Vietnam mengutip Wakil Perdana Menteri Vu Duc Dam seperti dilansir dari Aljazeera, Senin (2/3).

Di seluruh dunia, wabah ini telah mengakibatkan 3.048 meninggal dunia dan menginfeksi 89.002 orang hingga Senin (2/3). Para pejabat dan pakar kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan respons cepat pemerintah terhadap keadaan darurat sangat penting dalam mengatasi krisis pada tahap awal.

Sebelumnya pada Rabu (26/2), pemerintah Vietnam menyatakan bahwa pasien ke-16 dan terakhir yang terinfeksi virus telah dikeluarkan dari rumah sakit. Pria berusia 50 tahun sebelumnya telah diidentifikasi sebagai pasien virus Korona.

Perwakilan WHO di Vietnam, Dr Kidong Park menghubungkan keberhasilan itu dengan sikap proaktif dan konsistensi pemerintah selama ini. Kasus awal di Vietnam dimulai dari dua warga negara Tiongkok di Kota Ho Chi Minh pada 23 Januari 2020, tepat hari pertama liburan perayaan Tahun Baru Imlek.

Vietnam secara resmi menyatakan virus Korona sebagai epidemi pada 1 Februari 2020, ketika jumlah kasus di negara itu meningkat menjadi enam. Ho Chi Minh, kota terbesar di negara itu memiliki hampir dua juta siswa, dari taman kanak-kanak hingga sekolah pendidikan dan pelatihan kejuruan. Dan, kini Vietnam untuk sementara sudah terbebas dari virus Korona.

Saksikan Video Terkait Virus Korona Berikut Ini:

Video Lainnya Terkait Virus Korona:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads