alexametrics

Sempat Transit di Bandara Changi Singapura, Wisatawan Positif Covid-19

1 Agustus 2020, 08:08:43 WIB

JawaPos.com – Perjalanan antarnegara sebaiknya ditunda di masa pandemi Covid-19 saat ini. Hal tersebut karena penularan masih mudah terjadi. Seperti yang dialami oleh seorang wisatawan yang begitu tiba di Korea Selatan, dia dinyatakan positif Covid-19. Riwayat perjalanannya sempat transit di Bandara Changi, Singapura.

Hanya saja, otoritas Singapura menegaskan bahwa pelancong itu tidak tertular di Singapura. Itu karena wisatawan tersebut hanya transit.

“Sumber infeksi masih belum diketahui dan penyelidikan oleh berbagai pihak berwenang sedang berlangsung,” kata Kementerian Kesehatan (MOH) dan Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), seperti dilansir dari Straits Times, Jumat (31/7).

“Sebagai tindakan pencegahan tambahan, pelacakan kontak di Singapura juga sedang berlangsung,” tambah mereka.

Wisatawan tersebut meninggalkan Selandia Baru pada 21 Juli dan tiba di Korea Selatan pada 22 Juli. Ketika tes reaksi polimerase (PCR) dilakukan empat jam setelah kedatangan, orang tersebut positif Covid-19.

Pihak berwenang Korea Selatan kemudian memberi tahu Selandia Baru bahwa mereka mencurigai orang tersebut. Pelancong itu memang kategori tidak bergejala. Dicurigai telah terinfeksi selama transit di Bandara Changi.

“Tetapi jika benar begitu, berarti masa inkubasi kurang dari 24 jam,” kata pihak berwenang Singapura.

Padahal, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masa inkubasi rata-rata untuk Covid-19 adalah lima hingga enam hari, hingga maksimum 14 hari. Singapura melakukan koordinasi dengan Selandia Baru dan otoritas Korea Selatan untuk informasi lebih lanjut.

Pihak berwenang menambahkan bahwa langkah-langkah ketat dilakukan untuk memastikan bahwa penumpang yang transit melalui Bandara Changi dipisahkan dari semua penumpang lain di semua tahap perjalanan mereka.
Staf bandara menggunakan alat pelindung diri saat berinteraksi dengan penumpang, sementara penumpang diwajibkan mengenakan masker setiap saat.

“Jarak yang aman, ukur suhu untuk penumpang dan staf juga ditegakkan. Semua penumpang transit, termasuk mereka yang tiba dengan penerbangan yang sama dengan individu, mematuhi langkah-langkah pencegahan ini,” tegas pihak Singapura.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads