alexametrics

Bekal Makan Shiro Jangan sampai Ketinggalan

15 November 2020, 18:08:29 WIB

Anjing bisa menjadi teman jalan yang asyik. Asalkan, pawrent tahu cara membuat momongannya nyaman selama berada di perjalanan dan di lokasi tujuan.

MENGENAL karakter peliharaan menjadi syarat mutlak agar perjalanan menyenangkan. Shiro adalah anjing yang pintar. Peliharaan Jeanny Dwijayanti itu sering diajak jalan-jalan. Perempuan yang tinggal di Rungkut, Surabaya, itu pernah mengajak momongannya melanglang jalur darat ke Jogjakarta, Pangandaran, Situbondo, Batu, dan Malang.

Jeanny lebih suka mengajak Shiro bepergian ketimbang meninggalkannya di rumah atau menginapkannya di tempat penitipan hewan. ”Shiro ini suka takut kalau ditinggal sendiri,” ujarnya Jumat (13/11).

Keluarga Jeanny memang hobi traveling bareng. Otomatis, Shiro pun ikut. Pomeranian yang kini berusia enam tahun itu pun menjadi terbiasa naik mobil. Di perjalanan, Shiro tidak ubahnya seperti anak bayi. Manja dan maunya tidur terus. Shiro juga harus selalu dipangku. Kalau bukan oleh Jeanny, biasanya Shiro dipangku Hari Santoso, papa Jeanny,

Shiro bisa tahan berjam-jam tidak buang air kecil atau buang air besar. Maka, selama perjalanan, ia tidak rewel. ”Jadi, dia ini pintar. Pipisnya nunggu kami sampai di rest area,” ungkap Jeanny.

Di hotel, Shiro juga tidak rewel. Namun, terkadang Shiro menyalak jika ada anggota keluarga yang keluar kamar atau keluar hotel sebentar. Ia takut ditinggal sendirian. ”Kalau beli bensin di SPBU, juga gitu. Kalau ada yang keluar mobil, dia menggonggong. Shiro ini lebih bisa menerima orang masuk, tapi kalau keluar, nggak boleh,” seloroh Jeanny.

Di tempat wisata, Jeanny sering menggendong Shiro dengan menggunakan gendongan bayi. Orang-orang yang berpapasan dengan Shiro pun gemas. Apalagi, Jeanny sering memakaikan baju-baju anjing yang unik pada Shiro. Kostum liburan itu pun menambah kelucuan anjing yang sudah dua tahun tinggal bersama Jeanny tersebut.

Shiro memang senang jalan-jalan. Maka, tidak sulit baginya untuk beradaptasi di tempat baru. Biasanya, Shiro suka ikut Jeanny jalan-jalan di sekitar rumah naik motor. Shiro tampak sangat menikmati jalan-jalan di udara terbuka.

Tak hanya jalan-jalan, Shiro pun gemar difoto. Ia pernah menjadi model. Tepatnya diajak Oni Suryani, kakak ipar Jeanny, dalam sesi foto pre wedding di Jogjakarta. Shiro bisa berpose natural dalam sesi pemotretan itu. ”Dia ini memang sadar kamera. Mungkin karena sudah dekat sama kakak ipar juga, jadi tidak sulit diajak foto,” imbuh wanita 26 tahun tersebut.

Jika untuk urusan jalan-jalan dan foto-foto tidak rewel, Shiro terbilang ribet untuk urusan makan. Pernah, ia mogok makan gara-gara tidak suka dengan dog food yang dibelikan di pet shop destinasi wisata.

Dari pengalaman itu, Jeanny lantas mewajibkan diri untuk membawa makanan Shiro. Makanan yang biasa ia makan di rumah. Misalnya, sereal serta daging cacah plus potongan wortel dan buncis. Makanan-makanan itulah yang menjadi bekal Shiro saat pelesiran.

JALAN BARENG TANPA REWEL

  • Bawa makanan sebagai bekal peliharaan.
  • Pastikan hotel tempat menginap ramah peliharaan dan mengizinkan peliharaan untuk masuk.
  • Peliharaan harus punya kebiasaan pee dan poop yang baik.
  • Ajak orang-orang yang kenal dengan peliharaan untuk memberikan rasa nyaman.
  • Saat sesi foto, pastikan peliharaan punya chemistry dengan si fotografer atau orang lain yang ikut pemotretan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : rin/c12/hep



Close Ads