alexametrics

Mengenal Budi Daya Showa, Ikan Koi Incaran Pecinta Ikan Hias

15 Juli 2022, 14:24:38 WIB

JawaPos.com – Tak hanya menjadi komoditas pangan untuk konsumsi, ikan juga banyak menjadi incaran pehobi untuk dipelihara. Ikan koi misalnya, di Desa Sumberangin Kabupaten Blitar ikan ini banyak dibudidayakan terutama jenis showa.

“Di sini memang andalannya itu ikan hias. Yang membudidayakan pun banyak baik secara berkelompok, ataupun perseorangan,” tutur Ribut Koordinator Penyuluh Kabupaten Blitar.

Ikan koi showa adalah salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara untuk memperindah sudut ruangan. Selain itu, ikan ini dipercaya mampu membawa ketenangan jika di pelihara. Kecantikan yang dimiliki ikan asli negeri matahari terbit ini pun ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

“Harga showa itu tergantung corak, body dan juga ukurannya. Contohnya untuk yang berukuran 15 cm kita biasanya jual dengan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp25.000 per ekor. Ada juga grade khusus yaitu yang disiapkan untuk mengikuti kontes, itu harganya mulai Rp500.000 – Rp1 juta per ekor,” terang Mustofa salah satu pembudidaya.

Budidaya ikan Showa dilakukan melalui media kolam mulai dari ukuran larva atau berkisar 2 cm. Hanya dengan membutuhkan waktu pembesaran 2 hingga 4 bulan dan perawatan yang intensif ikan ini biasanya telah memiliki ukuran 20 cm dan siap untuk dipanen. (LPMUKP for JawaPos.com)

Melalui media kolam sawah ikan showa biasa dibudidayakan mulai dari ukuran larva atau berkisar 2 cm. Hanya dengan membutuhkan waktu pembesaran 2 hingga 4 bulan dan perawatan yang intensif ikan ini biasanya telah memiliki ukuran 20 cm dan siap untuk dipanen.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini: