alexametrics

Hoax Luhut Kritis di Belgia karena Korona

22 November 2020, 05:05:59 WIB

KABAR bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sedang kritis berseliweran di media sosial. Bahkan, ada yang menyebut dia terkena Covid-19 dan dirawat di Belgia. Lalu, ada yang mempertanyakan mengapa Luhut tidak berobat ke China.

”Denger denger Pak Luhur Lagi Kritis dirawat di Belgia?” begitu bunyi capture unggahan dari Instagram yang dibagikan ulang oleh akun Facebook Bianti Nugrahani pada 17 November 2020 (bit.do/LuhutKritis).

Mayoritas, informasi itu beredar dengan kalimat tanya, termasuk yang menyebar lewat Twitter. Misalnya, yang diunggah akun @AmriYusuf7 pada 17 November. ”Konon beritanya opung luhut kena COVIT 19, tapi berobatnya kok ke Belgia, napa nggak ke China,” tulis akun tersebut.

Informasi itu jelas bertolak belakang dengan pemberitaan tentang Luhut beberapa hari terakhir. Sebab, pria yang juga purnawirawan petinggi militer itu baru saja diberitakan berada di AS untuk melakukan pertemuan dengan petinggi Gedung Putih.

Contohnya, berita yang diunggah portal jawapos.com pada 19 November 2020. Disebutkan bahwa Luhut sedang menjalani serangkaian pertemuan dengan beberapa tokoh Amerika Serikat, termasuk Presiden Donald Trump. Judul beritanya berbunyi, Pertemuan Trump-Luhut Hasilkan Komitmen Kerja Sama Senilai USD 750 Juta.

Luhut yang mewakili pemerintah Indonesia telah menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang pendanaan infrastruktur dan perdagangan senilai USD 750 juta. Berita itu juga dilengkapi foto Luhut sedang berpose bersama Dubes Indonesia untuk AS Muhammad Lutfi dan Presiden Exim Bank AS Kimberly Reed setelah penandatanganan perjanjian. Anda dapat membaca berita itu di bit.do/KunjunganKeUs.

Sementara itu, situs resmi milik Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, maritim.go.id, juga mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan Menko Luhut sedang ditemui beberapa pejabat di AS. Salah satunya bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya. Anda dapat melihatnya di bit.do/DitemuiTokohUS. 

FAKTA

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sedang menyelesaikan lawatan di AS saat hoax tentang dirinya sakit di Belgia beredar di media sosial.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat



Close Ads