alexametrics

Ngawur, Ledakan Tambang Malah Disebut Serpihan Meteor

14 Oktober 2019, 18:56:56 WIB

JawaPos.com – Kabar ngawur juga mengiringi insiden ”hujan batu” di Purwakarta, Jawa Barat. Informasi itu dilengkapi rekaman amatir tentang batu-batu besar yang menerjang rumah. Katanya, batu-batu tersebut adalah serpihan meteor yang menuju bumi.

”MARI KITA BERDOA SEMOGA TIDAK TERJADI BENCANA ALAM YANG LEBIH BESAR. HUJAN BATU SEBESAR RUMAH TELAH JATUH DI PURWAKARTA, INDONESIA, SEPERTINYA SERPIHAN METEOR YANG MENUJU BUMI.” Begitu penggalan narasi yang diunggah akun Facebook Dausfarriesya Dhb (fb.com/mohdfirdaus.dhb) pada 12 Oktober 2019.

Faktanya, batu-batu berukuran besar yang menghancurkan sejumlah rumah itu muncul akibat ledakan di lokasi tambang milik perusahaan PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS) pada 8 Oktober 2019. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika sampai turun langsung meninjau lokasi terdampak di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Tegalwaru, Purwakarta, pada 10 Oktober 2019. Dia lantas meminta Pemprov Jawa Barat mencabut izin perusahaan tersebut jika terjadi kesalahan SOP.

”Jika terbukti hujan batu tersebut karena blasting, saya harap ditutup saja. Apalagi, penuturan warga, batu yang jatuh itu bentuknya seperti terbelah. Beda kalau memang menggelinding,” tegas Anne seperti diberitakan rmoljabar.com. Anda bisa membacanya di bit.ly/BlastingTambang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads