alexametrics

Disinformasi Pemilik Klub Bola Tiongkok yang Ikut Jadi Pemain

5 Juni 2021, 05:48:39 WIB

ENTAH apa maksudnya netizen Indonesia ”mengimpor” hoax tentang sepak bola dari Tiongkok ini. Mungkin sekadar olok-olok atau bisa juga agar kejadian yang sama tidak menimpa dunia persepakbolaan tanah air.

Disebutkan bahwa seorang miliarder Tiongkok nekat membeli sebuah klub bola agar anaknya bisa ikut bermain. Bahkan, sang miliarder itu dikabarkan telah membuat instruksi agar anaknya selalu mendapat jatah untuk mengeksekusi tendangan pojok maupun tendangan bebas. Kabar tersebut juga dilengkapi video pertandingan sepak bola.

”Sebuah pemilik klub yang juga merupakan miliarder di China, He Shihua telah menyuruh pelatihnya untuk menurunkan anaknya untuk bermain di Liga 2 China. Hal lainnya, ia meminta pelatih tersebut agar setiap sepak pojok dan tendangan bebas untuk dieksekusi oleh anaknya yang saat itu mengenakan nomor punggung 7,” begitu kabar yang dibagikan akun Facebook Sepakbola Indonesia Fansbook (bit.ly/NomorTujuh.)

Akun Facebook AC Milan News Indonesia mengunggah informasi serupa dengan gambar pria berbaju biru mengeksekusi tendangan pojok. Disebutkan bahwa pria dengan berat 126 kg itu adalah anak He Shihua yang membela klub Zibo Cuju dalam sebuah pertandingan resmi (bit.ly/NomorPunggung10).

Fakta sebenarnya tentang kabar itu pernah diulas portal berita South China Morning Post (SCMP) pada 21 Mei 2021. Pria gendut yang hendak melakukan tendangan sudut itu bukan miliarder Tiongkok He Shihua. Melainkan investor klub Jilin Baijia bernama Xu Guangnan. Dia ikut bermain dalam pertandingan Liga 2 China pada September 2019. Xu masuk pada babak kedua melawan klub Xian Daxing Chongde pada hari terakhir Liga 2 setelah tim tersebut dipastikan terdegradasi dan akhirnya bubar.

Ulasan itu juga mengutip informasi dari akun Twitter @titan_plus tentang penyebab sang investor terpaksa ikut merumput. Disebutkan bahwa saat itu beberapa pemainnya melayangkan protes lantaran manajemen menunggak pembayaran gaji.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads