alexametrics

Polri Antisipasi Arus Balik, Diprediksi Terjadi 16-23 Mei

15 Mei 2021, 07:48:10 WIB

JawaPos.com – Kendati dilarang, sebagian pemudik tetap bisa kembali ke kampung halaman. Karena itu, Polri kini bersiap berhadapan dengan arus balik. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, besar kemungkinan arus balik mulai terasa pada Minggu (16/5) hingga sepekan berikutnya (23/5).

Polri menyiapkan waktu satu pekan untuk memastikan arus balik berjalan aman dan lancar. “Mudah-mudahan mereka (pemudik, Red) kembalinya tidak bersamaan sehingga tidak timbul kemacetan,” kata dia.

Salah satu langkah yang disiapkan adalah memperpanjang masa Operasi Ketupat. Tahun ini Operasi Ketupat sebenarnya berakhir Senin (17/5). “Ada opsi, sedang diatur apakah ada kemungkinan Operasi Ketupat diperpanjang,” imbuh Sambodo.

Jika operasi yang dilaksanakan serentak itu tidak diperpanjang, pihaknya akan melaksanakan operasi yang terpisah dari Operasi Ketupat. “Nanti 17 Mei sampai 24 Mei kami menggunakan kegiatan rutin yang ditingkatkan,” ungkap perwira menengah Polri dengan tiga kembang di pundak tersebut.

Sambodo memastikan, penyekatan tetap berlaku sampai akhir pekan ini. Pihaknya tidak akan menarik pasukan dari pos-pos penyekatan meski Idul Fitri sudah berlalu.

”Tanggal 17 Mei kami masih tetap menyekat (kendaraan yang keluar Jakarta, Red) karena diperkirakan habis salat Id di Jakarta, kemudian (masyarakat) ke luar kota,” jelas dia. Sedangkan untuk arus balik, pihaknya menunggu arahan pemerintah pusat. Dilakukan penyekatan atau tidak, tergantung pemerintah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : syn/c9/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads