alexametrics

Buka Puasa Lebih Nikmat dengan Resep Spageti Telur Dadar

3 Mei 2020, 16:00:18 WIB

JawaPos.com – Sebagian orang mungkin lebih suka berbuka puasa dengan menu selain nasi. Jika pilihannya adalah pasta, cobalah dengan menu spageti.

Spageti bisa dibuat dengan resep khas Indonesia. Executive Chef Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta Selatan, Chef Joko Hendrasto, menambahkan spageti dengan telur dadar di atasnya.

Spageti tersebut dibuat mirip mi goreng sehingga memberikan cita rasa nusantara. Ada juga tambahan kaldu khas Jepang untuk membuat rasanya lebih berbeda.

“Bisa tambahkan keju di atas telur dadar agar lebih melted. Cara memasaknya mudah hanya tinggal ditumis,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Bahan-bahan:

Spageti 150 gram
Paha ayam 30 gram
Bombay 5 gram
Paprika hijau 5 gram
Paprika merah 5 gram
Bawang putih 5 gram
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Hondashi (kaldu Jepang) secukupnya
Telur 2 butir
Fresh milk 10 cc
Tobiko 1 gram (telur ikan)
Mayo 10 gram
Keju

Cara memasak:

1. Tumis bawang putih sampai harum masukan bombay dan paprika sementara ayam dipanggang terpisah

2. Masukan spageti yang sudah direbus

3. Masukan bumbu dan saus aduk sampai merata

4. Kemudian kocok telur tambahkan fresh milk kemudian di dadar setengah matang lalu di taruh di atas spageti yang sudah siap. Tambahkan keju melted.

Kandungan Gizi dan Kalori Spageti

Dalam laman Very Well Fit disebutkan spageti adalah salah satu pasta yang terbuat dari gandum. Sehingga tinggi karbohidrat kompleks dan mencakup semua nutrisi yang ditemukan dalam tepung putih halus. Informasi gizi oleh Badan Gizi AS USDA untuk 1 cangkir (140g) spageti yang dimasak tanpa garam, lemak, atau topping mengandung 221 kkal, sodium 1mg, karbohidrat 43,2 gram, gula 0,8 gram, protein 8,1 gram.

Karbohidrat di Spaghetti

Terbuat dari biji-bijian, spageti kaya energi lebih dari 200 kalori. Spageti adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, dengan lebih dari 40 gram karbohidrat dalam satu porsi.

Lemak di Spageti

Spageti adalah makanan rendah lemak. Sajian 1 cangkir mengandung kurang dari 2 gram lemak. Namun, saus dan toppingnya seperti keju dapat dengan cepat menambah lemak.

Protein dalam Spageti

Spageti memiliki 8 gram protein dalam porsi 1 cangkir, yang merupakan 16 persen dari asupan protein harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads