alexametrics

Bagaimana Kalau Konser Tunggal Diganti Variety Show Tim KIII JKT48?

28 Juli 2020, 19:48:24 WIB

JawaPos.com – Member generasi ketiga JKT48 Shania Gracia memikul tanggung jawab baru sebagai kapten Tim KIII sejak diumumkan pada 5 Juni. Kini, setelah 53 hari menjadi kapten, Gracia mengaku sudah menemukan pola dalam memimpin tim yang dikenal punya standar performance yang tinggi itu. Dia juga ditantang untuk bisa sukses menyiapkan setlist baru Ramune no Nomikata di tengah pandemi Covid-19.

Berikut adalah wawancara JawaPos.com dengan Kapten Tim KIII Shania Gracia setelah hampir dua bulan menjadi pemimpin:

Hampir dua bulan Gracia menjadi kapten Tim KIII. Apa saja hal utama yang sudah kamu gali untuk memperkuat Tim KIII?

Yang digali untuk memperkuat KIII adalah potensi dan kreatifitas para member. Menurut aku, sebenarnya mereka sudah punya image masing-masing. Tinggal lebih diarahkan saja. Jadi, kalau semua member punya image kuat dan disatukan, Tim KIII akan lebih kuat juga. Aku yakin mereka juga punya kreatifitas yang tinggi untuk mendukung tim ini menjadi unik dan berbeda dari lainnya.

Dari proses yang sudah jalan selama ini, apa yang Gracia unggulkan untuk Tim KIII? Lantas, kelemahan apa yang ingin kamu perbaiki?

Yang ingin aku unggulkan dari Tim KIII adalah performance-nya. Kelemahannya adalah perbedaan image masing-masing member, jadinya cara kami menampilkan suatu lagu itu pun berbeda-beda. Kami masih dan akan tetap berjuang dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan hal tersebut. Aku tahu untuk itu pastinya lebih sulit dan butuh perjuangan lebih.

Tapi, aku berharap kami tetap bisa menjaga kepercayaan satu sama lain supaya saat Tim KIII perform, semangat dan energi positif kami bisa menyatu. Jadinya, yang menonton Tim KIII walaupun melalui live streaming dapat merasakan hal yang sama.

Lantas, apakah sudah ada goals yang ingin Gracia capai selama memimpin Tim KIII?

Aku ingin Tim KIII menjadi performer terbaik se-Indonesia. Aku ingin Tim KIII bisa menampilkan yang benar-benar terbaik ketika di atas panggung. Aku juga ingin menjadi inspirasi dan memberikan semangat bagi fans yang mendukung kami. Aku juga ingin hubungan antar member dan fans juga selalu terjaga dengan baik.

Efek pandemi ini membuat interaksi antar member berkurang, perform streaming tanpa penonton, latihan tidak bisa seperti dulu, dan sebagainya. Lantas, apa solusi kamu supaya Tim KIII tetap kompak?

Betul, interaksi langsung antar member memang agak berkurang. Tidak setiap hari kami bertemu satu sama lain. Ada media sosial dan group chat yang jadi tempat berkomunikasi. Apapun itu, kita saling sharing dan saling bantu, sering bercanda lucu-lucuan juga meski saat serius ya harus serius.

Kalau aku ada ide untuk konten Tim KIII misal, aku selalu ajak mereka diskusi dulu kira-kira bagaimana ya baiknya. Aku mau semuanya ikut andil dalam hal apapun yang menyangkut Tim KIII.

Jika dikabulkan oleh manajemen, Gracia ingin ada project apa untuk Tim KIII?

Sebenarnya aku sangat ingin Tim KIII mengadakan konser tunggal lagi. Tapi untuk sekarang, kan belum bisa ya. Jadi aku pikir kayaknya lucu kali ya kalau punya acara seperti variety show-nya Tim KIII? Apalagi, image masing-masing member berbeda-beda. Fans pasti penasaran bagaimana sih sebenarnya member Tim KIII itu. Tapi, itu baru hanya keinginan sih, kalau dikabulkan atau enggaknya aku serahkan ke manajemen.

Bisa diceritakan, progress persiapan setlist Ramune no Nomikata? Kira-kira sudah berapa persen siapnya?

Kalau untuk proses persiapan setlist Ramune No Nomikata kira-kira sekarang sudah sampai 75 persen. Itu dari latihan fisik, latihan vocal, koreografi, blocking, dan fitting untuk kostum. Latihan koreografi masih berjalan hingga sekarang, tapi masih agak sulit ya karena harus melaksanakan anjuran dari pemerintah untuk tidak berkumpul. Jadi, belum bisa latihan full member.

Saat ini, setiap latihan kami masih dibagi menjadi dua tim. Masing-masing sekitar 8 orang. Tapi nanti kalau sudah bisa berkumpul, kami akan latihan semua lagu dengan formasi full member.

Apa yang berbeda saat latihan setlist baru antara sebelum dan sesudah menjadi kapten Tim KIII?

Latihan setlist baru itu seperti latihan dari awal lagi. Biasanya aku mempersiapkan diri mulai dari otak sampai fisik. Biasanya juga aku latihan sendiri dengan melihat-lihat video. Tapi ketika sudah jadi kapten, pikiran aku nggak hanya untuk diri sendiri saja, tapi untuk member yang lain juga.

Ketika latihan sebagai kapten, aku tidak hanya harus fokus dengan diri sendiri karena punya tanggung jawab untuk memperhatikan member lain juga. Misalnya mereka nggak bisa koreografi yang mana, aku harus bantu. Jadi bukan biar aku doang yang bisa, tapi kita semua harus bisa bareng-bareng.

Kalau dari hal-hal kecil, biasanya aku sebagai member selalu ngikut saja. Tapi sekarang aku harus aktif dan kreatif. Sudah jadi tanggung jawabku juga untuk briefing dan pimpin doa sebelum dan sesudah latihan. Pengalaman baru deh.

Kasih tahu dong, bagaimana Tim KIII menjaga porsi latihan saat pandemi ini. Supaya saat tampil nanti, tidak mudah ngos-ngosan sehingga tetap bisa menjaga standar performa Tim KIII.

Yang paling penting supaya tidak mudah ngos-ngosan adalah olahraga, latihan fisik. Beberapa kali Tim KIII juga sudah latihan fisik walaupun secara online. Aku juga selalu mengingatkan ke semua member untuk selalu menjaga berat badan dan work out sendiri dirumah.

Sebab, karena kita sudah lama enggak perform nanti pasti akan beda rasanya. Pasti jadi lebih mudah lelah dan mudah ngos-ngosan, maka dari itu kita harus menjaga stamina juga dengan cara makan sehat, minum vitamin, sebagai pendamping berolahraga.

Jika dalam waktu dekat teater kembali dibuka, dan Tim KIII tampil untuk pertama kali. Apa yang kamu janjikan kepada fans terhadap Tim KIII ‘baru’?

Aku yakin Tim KIII dengan image yang berbeda dari masing-masing member dapat menjadi komposisi yang pas untuk satu kesatuan tim. Kami pasti juga berusaha untuk menampilkan yang terbaik mulai dari menyanyi, menari, hingga bagaimana cara menyampaikan masing-masing lagu dengan ekspresi dan pembawaan yang berbeda-beda. Kami janji, penonton tidak akan kecewa dengan performance kami terutama untuk setlist yang baru nanti. Jadi, jangan lupa nonton Tim KIII ya nanti! (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar



Close Ads