JawaPos Radar

Disebut Mirip, Film Kafir Bantah Tiru Pengabdi Setan

27/07/2018, 12:15 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Upi
Penulis skenario sekaligus produser kreatif film Kafir, Upi. (Yuliani NN/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Penulis skenario sekaligus produser kreatif, Upi, sebut bahwa film Kafir: Bersekutu dengan Setan yang digarapnya sangat berbeda dengan film Pengabdi Setan besutan sutradara Joko Anwar.

"Ketika nanti nonton filmnya sebenarnya ceritanya itu emang banyak banget yang bilang ini niru Pengabdi Setan ya, tapi sebenarnya beda banget," kata Upi saat screening film Kafir di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/7) malam.

Film horor produksi Starvision itu pun memang memiliki beberapa kemiripan warna dengan film Pengabdi Setan. Di antaranya, setting tahun 90-an, anak yang berusaha mengungkap keganjilan dalam keluarganya, lagu 90-an yang kerap diputar, dan sosok Ibu yang menjadi tokoh utama.

KAFIR Bersekutu dengan Setan Official Trailer (YouTube/StarvisionPlus)

"Nggak ada kesamaannya. Kalau misalnya di sini ada tokoh ibu, ya semua film setan juga banyak ibu jadi setan. Tapi sebenarnya di (film) sini yang jadi setan siapa hayo? Bukan cewek kan," ungkapnya.

Sementara itu, soal warna film yang disebut mirip dengan Pengabdi Setan, Upi bahkan telah lupa warna film horor terlaris itu. Diakuinya, soal tersebut dia serahkan ke tim kreatifnya.

"Oh nggak apa-apa (disebut mirip), kalau saya kan gini sebenarnya kalau untuk urusan kreatifnya saya serahkan kepada tim saya. Jadi, ketika mereka menawarkan colour-colour seperti itu, sebenarnya saya sendiri udah lupa warna Pengabdi Setan seperti apa. Jadi pas ditawarkan, ya udah," pungkasnya.

Soundtrack film Kafir sendiri berisi tiga lagu, yakni Mawar Berduri, Renjana, dan Sang Penikam. Ketiganya merupakan lagu lawas awal 90-an.

Kafir Bersekutu dengan Setan sendiri adalah film berlatar di Banyuwangi, Jawa Timur, yang bercerita tentang sebuah keluarga harmonis yang mengalami kejadian tak terduga. Sang ayah meninggal dengan cara yang tidak wajar dan kedamaian keluarga itu mulai terusik.

Sepeninggal ayah, Ibu juga mengalami teror-teror gaib. Kedua anaknya pun kebingungan dan berusaha mencari tahu penyebab keanehan tersebut.

Film yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis tersebut ditegaskan bukan remake dari film Kafir tahun 2002. Ditegaskan Upi, film Kafir kali ini hanya mengambil benang merah yang sama dengan perombakan total di dalamnya.

Penasaran seperti apa kengerian yang ditawarkan Kafir atau ingin mencari kemiripannya dengan Pengabdi Setan? Nantikan di bioskop seluruh tanah air pada 2 Agustus mendatang.

(ce1/yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up