alexametrics

JKT48 Pilih Lirik Flying High Berbahasa Inggris untuk Meluaskan Pasar

20 Juni 2022, 20:04:31 WIB

JawaPos.com – Grup idola JKT48 sukses merilis single orisinal kedua yang berjudul Flying High pada Jumat (17/6). Lagu yang digarap oleh August Rigo dan Matt Rad, sosok yang pernah menggarap single milik BTS, Justin Bieber, sampai One Direction itu berhasil menjadi trending nomor 15 di YouTube kategori musik. Fans juga memberikan respons positif atas lagu dan music video (MV) yang digarap di Jepang itu.

JawaPos.com berkesempatan untuk wawancara langsung dengan center single Flying High Azizi Asadel yang akrab disapa Zee dan Kapten JKT48 Shani Indira Natio mengenai lagu barunya. Mulai dari keputusan menggunakan lirik berbahasa Inggris sampai target pasar single Flying High. Berikut wawancaranya:

Selamat, akhirnya Flying High dirilis dan benar-benar memberikan hal baru bagi JKT48. Apa yang paling kamu suka dari single ini?

Zee: Aku suka banget sama lagunya. Selain karena easy listening dan catchy banget, lagu ini juga full dalam Bahasa Inggris. Lagu ini jadi beda dari lagu-lagu (JKT48) sebelumnya.

Bagaimana dengan MV-nya?

Shani: Bersyukur banget akhirnya rilis, selama ini sudah nahan-nahan akhirnya lega juga. MV-nya sesuai ekspetasi aku, keren banget. Beda dari sebelumnya. Waktu shooting aja, kami lihat tempatnya sampai heran. Ini kok bagus banget. Ditambah lagi, cara pengambilan kameranya, editing, sampai coloring. Dari awal sudah expect bakalan bagus dan seneng ternyata banyak orang ngerasain hal yang sama.

Apa bagian tersulit saat menggarap single ini?

Zee: Karena lagu ini full pakai Bahasa Inggris, jadi challenge tersendiri untuk bisa nyanyi dan juga melafalkannya dengan benar.

Saat Ten Update, Shani bilang ingin single Flying High bisa mendapat banyak fans baru. Apa yang membuatmu kini makin optimistis?

Shani: Pertama dari konsep yang berbeda. Mulai dari senbatsu-nya (member yang terpilih), tipe lagunya, MV-nya, dance-nya, semuanya. Terus bahasa juga, kali ini full english biar beda dan lebih universal saja nggak cuma untuk Indonesia tapi berharap bisa lebih dari itu. 

Dan di single ini juga ada campaign free to play, orang-orang bisa bikin karya sebebasnya dari konten-konten resmi yang kami kasih. Semua lengkap, ada lagu, video, poster, logo, dan lainnya. Jadi harapannya banyak orang bisa berkarya terus dan di-share di sosmed.

Apa yang membuat JKT48 mantap menggunakan bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia untuk single Flying High?

Shani: Sebenarnya sudah coba translate ke bahasa Indonesia, tapi kurang sesuai. Mungkin karena ada beberapa pilihan kata yang kurang cocok kalau di bahasa Indonesia-kan.

Zee: Target market-nya juga ingin lebih luas lagi. Agar lagunya bisa dimengerti lebih banyak orang, makanya kami pakai international language.

Apakah itu menambah keyakinanmu bahwa single Flying High lebih mudah diterima masyarakat umum?

Shani: Betul. Karena dengan bahasa Inggris jadi bikin lagu ini semakin unik. 

Zee: Bahasa Inggris bisa dimengerti banyak orang, bukan hanya orang Indonesia saja. Jadi, harapannya lagu ini juga bisa dikenal dan disukai sama non-fans maupun fans international

Apakah akan ada versi bahasa Indonesia?

Shani: Sejauh ini belum ada rencana. Tapi untuk nanti masih belum tahu, karena untuk sekarang kita lagi fokus untuk yang ini. 

Apa tanggapanmu kalau ada yang menyebut konsep baru dan warna single ini membuat JKT48 lebih terasa seperti K-Pop?

Shani: Aku di sisi lain malah seneng karena artinya kita berhasil bikin sesuatu yang beda. Karena sudah 10 tahun, ini salah satu inovasi yang bagus, kemajuan juga kita berani beda dari sebelumnya.

Sebagai center apa yang membuat Zee optimistis dengan single ini?

Zee: Aku percaya lagu ini bisa trending selain karena MV-nya yang bagus, lagu ini juga easy listening sih. Lagu ini juga menarik banget dan liriknya juga mudah dihafal. Lagu ini catchy banget di telinga, jadi pasti banyak orang yang bakal mudah suka sama lagu ini.

Apakah lirik dalam bahasa Inggris memberikan beban buatmu? 

Zee: Enggak. Bukan beban sih tapi pastinya ada rasa gugup dan grogi juga karena ini kali pertamanya aku jadi senbatsu dan langsung single original.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads