alexametrics

Jangan Bingung, Ini Tips Tentukan Pilih Beli Rumah atau Apartemen

7 Januari 2019, 07:50:39 WIB

JawaPos.com – Memiliki hunian pribadi menjadi kebutuhan hampir semua orang, terutama mereka yang telah memiliki sejumlah penghasilan yang memadai. Hunian yang layak kerap dianggap sebagai salah satu pencapaian terbaik di dalam hidup ini.

Hal itu wajar saja, mengingat harganya juga tidak bisa dikatakan murah, dan tentu saja untuk mendapatkan ini dibutuhkan perjuangan yang juga cukup panjang. Lalu, hunian seperti apa yang menjadi pilihan Anda?

Tidak semua orang cocok tinggal di apartemen, namun tinggal di rumah pribadi juga kerap tidak senyaman di apartemen. Berbagai pertimbangan ini tentu akan sangat tergantung pada kebutuhan dan juga tujuan dalam membeli sebuah hunian.

Jangan Bingung, Ini Tips Tentukan Pilih Beli Rumah atau Apartemen
Ilustrasi hunian perumahan yang semakin terbatas di pusat kota karena minimnya lahan (DOK.JAWAPOS.COM)

Bagaimanapun juga, yang terbaik tentu yang memberikan manfaat maksimal, sehingga bisa saja setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai hal yang satu ini.

Namun apapun pertimbangannya dalam memilih, pastikan Anda memahami dengan baik beberapa perbedaan mendasar yang akan Anda temui di apartemen dan juga rumah. Apa saja perbedaan itu? Berikut beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih rumah atau apartemen seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kepemilikan
Sebelum membeli sesuatu, status kepemilikan tentu menjadi salah satu pertimbangan utama yang wajib Anda pikirkan. Jika Anda membeli sebuah rumah, maka Anda akan mendapatkan Setifikat Hak Milik (SHM) yang hingga saat ini menjadi sertifikat kepemilikan rumah tertinggi di Indonesia.

Sertifikat ini akan menjamin hak Anda sebagai pemilik tunggal dan yang berhak penuh atas rumah tersebut. Namun jika pilihan Anda jatuh pada apartemen, maka Anda hanya akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (HMSRS). Serfikat ini akan menjamin hak Anda atas bangunan (unit) apartemen Anda saja dan bukan fasilitas lainnya, seperti area parkir, taman, kolam renang, yang merupakan fasilitas bersama
bagi para penghuni apartemen tersebut.

Sedangkan tanah di mana lokasi apartemen dibangun merupakan milik developer, dan Anda selaku pemilik unit merupakan pihak penyewa saja. Masa sewa tanah ini biasanya cukup panjang, antara 20 hingga 50 tahun ke depan.Jika masa sewanya habis, bisa diperpanjang kembali sesuai kesepakatan dengan pihak developer.

2. Harga
Harga rumah tentu akan jauh lebih mahal dari apartemen. Hal ini merujuk pada harga rumah di kota hingga pinggiran kota, yang lokasinya berdekatan dengan lokasi apartemen. Hal ini patut menjadi pertimbangan khusus, terutama bagi yang memiliki budget terbatas.

3. Lokasi
Rumah biasanya berada di pinggiran kota dan cukup jauh dari pusat kota, mengingat harga tanah memang sangat mahal di perkotaan. Sebaliknya, apartemen justru berada di kota, bahkan meski tidak di pusat kota, apartemen pada umumnya masih begitu dekat dengan pusat kota dan fasilitas lainnya.

4. Biaya Saat memiliki rumah, Anda akan leluasa untuk merawat dan juga mengatur segala sesuatunya secara mandiri. Hal ini akan memungkinkan Anda menekan berbagai biaya perawatan yang tidak begitu diperlukan, sehingga keuangan tetap hemat setiap bulannya. Namun jika tinggal di apartemen akan dikenakan biaya perawatan bulanan yang jumlahnya juga terbilang besar. Anda juga akan dikenakan biaya keamanan, parkir, dan yang lainnya.

5. Fasilitas
Jika melihat letaknya yang berada di pinggiran kota, bisa saja rumah masih berada jauh dari berbagai fasilitas publik, seperti sekolah, supermarket, taman, arena bermain, dan yang lainnya.

Sedangkan apartemen yang berada di perkotaan biasanya telah memiliki beragam fasilitas yang memadai di dalamnya. Bukan hanya itu saja, akses ke berbagai fasilitas publik lainnya juga begitu mudah dan dekat.

6. Pilih yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan
Memilih apartemen atau rumah sering menjadi pekerjaan yang sulit bagi banyak orang. Jika dihadapkan pada kedua pilihan ini, pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang berbagai poin penting di atas terlebih dahulu. Pilih hunian yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari pembelian yang Anda lakukan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Jangan Bingung, Ini Tips Tentukan Pilih Beli Rumah atau Apartemen