alexametrics

Selain Ramah Lingkungan, Pemakaian PLTS juga Hemat Biaya Listrik

17 November 2021, 18:48:01 WIB

JawaPos.com – PT Simed Prakarsa Indonesia menyampaikan, saat ini seluruh industri sedang beralih dalam mengembangkan produk yang ramah lingkungan. Perusahaan sendiri membuat panel listrik tenaga surya (PLTS), yaitu HiCELL pada 2015 lalu. Direktur dari PT Simed Prakarsa Indonesia Dewi Rulan mengatakan, pemggunaan PLTS selain ramah lingkungan tapi juga hemat energi.

“Kita semua tahu ya sumber energi utama yang kita gunakan saat ini terutama listrik sumbernya adalah bahan bakar fosil yang makin langka,” kata Dewi Rulan dalam konferensi pers pada pameran IndobuildTech, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (17/11).

Dewi Rulan pun mengatakan, perusahaan terus mengedukasi masyarakat akan manfaat penggunaan PLTS. Penggunaan panel listrik tenaga surya dapat menghemat biaya listrik bulanan.

Hal ini dilihat sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sangat membantu konsumen Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengurangi tagihan listriknya. “Prinsip penghematan dari PLTS adalah mengurangi penggunaan listrik dari PLN pada siang hari. PLTS menghasilkan kelebihan listrik di siang hari maka kelebihan tersebut akan diekspor ke jaringan PLN dan digunakan untuk mengurangi tagihan listrik di bulan berikutnya,” tuturnya.

Simed Prakarsa Indonesia mencatat lebih dari 350 ribu watt atau 350 kW PLTS terjual pada 2021. Dengan produk Modul Surya Half-Cell Monocrystalline 410 WP yang memiliki efisiensi hingga 20,3 persen, harapannya, penjualan PLTS akan naik pada 2022.

“Jika barang makin langka otomatis harga listrik juga naik. Kalau dibilang jualan ya kurang cocok ya, mungkin lebih tepatnya investasi dan investasi solar panel adalah investasi terbaik saat ini karena sumber energinya terbarukan dan tidak bisa habis,” ungkapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads