alexametrics

Bangkit, Masyarakat dari Berbagai Kelompok Ekonomi Mulai Pede Belanja

26 Mei 2021, 18:31:26 WIB

JawaPos.com – Perekonomian Indonesia pulih setelah terpuruk akibat persebaran virus SARS-CoV-2 sejak tahun lalu. Belakangan, konsumsi masyarakat mulai tumbuh. Terbukti, kinerja sektor ritel dan otomotif membaik.

“Begitu kasus Covid-19 terjaga, aktivitas masyarakat yang diterjemahkan sebagai jual beli atau konsumsi menunjukkan kenaikan,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemarin (25/5).

Indeks penjualan ritel pada Maret dan April menunjukkan keberlanjutan pemulihan konsumsi. Hal tersebut ditopang peningkatan konsumsi pada seluruh kelompok.

Termasuk penjualan mobil secara ritel yang mencatat pertumbuhan tinggi. Yakni, 227,6 persen (YoY) dan 2,5 persen (MtM). Itulah indikasi perbaikan konsumsi masyarakat kelas menengah.

“Penjualan ritel kendaraan bermotor mulai melonjak tinggi pada Maret dan tetap terjaga pada angka 79 ribu,” jelas Ani, sapaan Sri Mulyani.

Dia menyatakan, tren positif itu tidak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah soal diskon pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM-DTP) sejak Maret. Khususnya untuk mobil segmen sedan dan 4×2 dengan kapasitas mesin maksimal 1.500 cc.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/c14/hep)

Saksikan video menarik berikut ini: