JawaPos Radar

Jokowi Klaim Kebijakannya Selama 4 Tahun Sudah Pro Rakyat

16/08/2018, 14:44 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Jokowi Klaim Kebijakannya Selama 4 Tahun Sudah Pro Rakyat
Presiden Joko Widodo (Dok. Manado Pos)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo bangga, sejak awal pemerintahannya sudah memangkas suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dari yang awalnya 22 persen, saat ini diturunkan menjadi 7 persen. Selain itu, Jokowi juga mengatakan Pajak Penghasilan (PPh) final bagi UMKM turut dipangkas dari 1 persen menjadi 0,5 persen agar UMKM.

“(Dengan begitu UMKM) dapat lebih cepat naik kelas, sehingga yang kecil menjadi menengah, yang menengah menjadi besar, menjadi pengusaha-pengusaha nasional yang kuat dan tangguh,” kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 RI di Gedung Nusantara I DPR RI, Kamis (16/8).

Bagi usaha ultra mikro dan sekaligus sebagai pemberdayaan ekonomi ummat, Pemerintah menggencarkan pembentukan lembaga keuangan Bank Wakaf Mikro. Sebagai salah satu solusi yang diperlukan, untuk mendukung usaha produktif yang dilakukan ummat dan masyarakat bawah. 

Pemerintah juga melakukan revitalisasi pasar-pasar rakyat agar bisa bersaing dengan pasar-pasar modern dan menjadi wadah bagi UMKM dalam menggerakkan ekonomi lokal. Pemerintah melakukan berbagai langkah terobosan untuk memastikan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

“Salah satu wujud keadilan adalah program BBM Satu Harga sehingga saudara- saudara kita yang berada di pegunungan Papua, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan, tidak membeli BBM lebih mahal beberapa kali lipat dibanding saudara-saudara satu bangsa, satu tanah air di Pulau Jawa,” tuturnya.

Terobosan lain adalah dengan peningkatan jumlah Dana Desa yang sejak tahun 2015 hingga tahun 2018 total alokasi-nya sudah mencapai Rp 187,65 triliun. Dana Desa kita fokuskan untuk perbaikan pelayanan infrastruktur dasar bagi warga desa serta meningkatkan ekonomi produktif yang digerakan oleh Badan Usaha Milik Desa dan pelaku UMKM di desa. Sehingga Dana Desa bisa menjadi stimulus untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa, maupun dalam upaya mengatasi kemiskinan di pedesaan.

Pembangunan ekonomi bukan hanya untuk dinikmati pada masa sekarang, tapi juga harus dirasakan dalam jangka panjang. Pembangunan mesti berkesinambungan. Salah satu penyangga keberlanjutan pembangunan adalah ketersediaan infrastruktur. Selama empat tahun ini, infrastruktur dibangun secara masif dan merata di seluruh pelosok tanah air.

(uji/JPC)

Alur Cerita Berita

Kolaborasi APBN, BUMN, dan Swasta 16/08/2018, 14:44 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up