alexametrics

Perbanyak Inovasi, Sandiaga Ingin Potensi Ekraf di DKI Bisa Maksimal

5 September 2021, 20:19:35 WIB

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif DKI Jakarta menggali potensi untuk menghadirkan produk-produk ekonomi kreatif unggulan dan berdaya saing.

Menurutnya, DKI Jakarta memiliki deretan usaha kreatif tetapi banyak yang belum dikembangkan. Hal ini penting untuk meningkatkan keterbukaan lapangan kerja di daerah tersebut.

“Di DKI, khususnya Jakarta Barat, memiliki keunikan daya tarik yang dapat menjadi potensi. Sehingga dapat terus dimaksimalkan untuk menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/9).

Sandiaga Uno mencontohkan, potensi itu seperti peninggalan kolonial Belanda seperti Batavia Lama (Oud Batavia), Museum Fatahillah atau Chinatown yang menjadi aset penting pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang dapat saling melengkapi satu sama lain.

“Dari deretan potensi tersebut masih banyak peluang ataupun ide-ide kreatif untuk terus digali. Di subsektor kuliner misalnya, banyak kuliner khas tempo dulu yang kuat akan story telling,” tambah dia.

Menurut Sandiaga, Jakarta sebagai ibu kota merupakan melting point tempat budaya nusantara dan budaya kosmopolitan berinteraksi satu sama lain. Artinya, penggabungan kuliner khas tempo dulu dari Eropa, China, maupun Timur Tengah, sangat berpotensi untuk lebih dikembangkan di masa depan.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads